Berempat.com

Tidak hanya terkenal dengan teluh, guna-guna atau sejenisnya, Banyuwangi juga menyimpan satu tempat paling mengerikan di Jawa Timur bahkan mungkin di Indonesia. Tempat ini bernama Alas Purwo. Tempat ini adalah hutan cagar alam yang fungsi konvensionalnya sebagai daerah hutan lindung untuk spesies hewan dan tumbuhan di dalamnya. Namun di samping itu, tempat ini juga menyimpan hal-hal mistis luar biasa

Konon kabarnya Alas Purwo konon adalah kerajaan jin, tempat di mana semua makhluk halus berkumpul. Dikatakan pula jika sekali tersesat di dalamnya, maka dijamin tidak akan pernah bisa keluar lagi. Kalau pun berhasil, maka hidupnya akan penuh sial. Alas Purwo juga pernah dikaitkan dengan nama Presiden Sukarno. Sang presiden pertama ini katanya sering menghabiskan waktunya untuk bersemedi di salah satu gua yang ada di dalamnya.

Nama Alas Purwo sendiri memiliki arti hutan pertama atau hutan tertua di pulau jawa. Istilah purwo dalam nahasa jawa berarti kawitan atau permulaan, sehingga alas purwo berarti jutan pertama atau hutan tertua di pulau jawa. Alas purwo dipandang sebagai situs penciptaan pertama dibumi, tanah awal mula. Bagi masyarakat banyuwangi, tempat ini dikenal sangat angker dan dikeramatkan. Penduduk sekitar percaya alas purwo terdapat istana jin yang menjadi tempat bagi seluruh jin yang ada di pulau jawa berkumpul.

Hal ini diperkuat dengan kondisi alam setempat yang berupa hutan yang masih perawan, banyaknya gua, dan terdapat sejumlah situs-situs yang sering kali dijadikan tempat pelaksanaan beragam ritual kepercayaan dan keagamaan. Hal ini bisa dilepaskan dari legenda bahwa ala purwo merupakan tempat terakhir dari pelarian rakyat majapahit dari desakan penyebaran agama islam pada masanya.

Alas Purwo masih sangat terkenal hingga kini. Bahkan sering dipakai banyak orang dari seluruh Indonesia untuk bertapa dan berlatih ilmu-ilmu. Meskipun terkenal sangat menyesatkan, sebenarnya ada satu cara yang bisa kamu lakukan ketika hilang di tempat ini. Caranya, tetap berjalan lurus dan jangan pernah sekalipun menengok ke belakang. (CPA)

Berempat.com