Penyakit yang disebabkan oleh virus varicella zoster ini umumnya ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit sebagai gejala utamanya. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7 hingga 14 hari.

Penyakit tersebut biasanya dialami pada anak-anak, tetapi orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini apabila saat masih anak-anak belum pernah terkena cacar air. Penyakit ini umumnya ditandai dengan bintik-bintik pada seluruh badan (termasuk wajah), berwarna kemerahan, serta isi dari benjolan (jika sudah membesar) tersebut merupakan cairan.

Bila seseorang menderita penyakit ini, maka badannya secara alami bakal membentuk kekebalan yang amat kuat seumur hidup, jadi biasanya penyakit ini Cuma berlangsung satu kali seumur hidup pada tiap orang.

Cacar air sangat menular dan memiliki 3 tahap dalam pembentukannya. Gejala penyakit cacar air Ini diawali dengan munculnya bintik-bintik gatal di seluruh badan yang menyerupai semacam gigitan serangga.

Kemudian, bintik tadi berubah jadi benjolan yang berisi cairan, disertai oleh tahap akhir yakni pada saat tahap penyembuhan, dimana benjolan tersebut pecah dan membuat bekas pada kulit.

Apakah ada cara untuk mengobati Cacar Air agar cepat sembuh dan kering?

Virus varicella zoster penyebab cacar air menyebar melalui udara. Orang dengan daya tahan tubuh rendah dapat terserang virus ini. Cacar air ditularkan melalui udara pernapasan, kontak langsung dengan cairan cacar, dan terkena barang yang terkena cairan cacar, seperti handuk, baju, seprei, atau selimut.

Dibawah ini merupakan cara untuk mengobati penyakit cacar air agar cepat sembuh dah kering .

1. Tidak Menggaruk benjolan cacar air
Menggaruk benjolan cacai air dapat menyebabkan infeksi pada bekas luka garukan tadi. Setelah mengering bekas Cacar Air tadi akan meninggalkan bekas yang dalam dan sulit hilang.

2. Menjaga Kebersihan
Menjaga kebersihan ini meliputi mandi, ganti pakaian secara teratur, memotong kuku agar tidak melukai benjolan cacar serta menjaga kebersihan lingkungan rumah.

3. Istirahat Dirumah
Hal ini dilakukan agar tubuh tidak terkena cuaca luar yang mungkin terlalu panas atau terlalu dingin. Karena hal ini akan membuat cacar air menjadi lebih lama sembuhnya. Terlebih lagi virus cacar air ini dapat menyebar lewat udara yang akan menyebabkan orang lain dapat tertular.

4. Kompres Dengan Es
Penanganan ini dilakukan untuk menjaga suhu tubuh agar tetap dingin, karena panas dan keringat akan membuat benjolan menjadi gatal.

5. Pengobatan
Pengobatan dalam kasus ini dibagi menjadi 2, yaitu pengobatan agar sutuh tubuh turun dan pengobatan benjolan pada cacar air. Untuk menurunkan suhu tubuh yaitu dengan minum Obat Paracetamol. Sedangkan untuk benjolannya dapat di olesi dengan salep Acyclovir, agar mencegah menyebarnya cacar ke area yang lebih luas lagi. Pengobatan dengan cara tadi harus sesuai dengan resep dokter.

Jika cara di atas sudah dilakukan tapi masih belum sembuh maupun kering, dianjurkan untuk anda yang terkena cacar air segeralah memeriksa ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.