Berempat.com

Terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS membawa dampak penurunan daya saing global Amerika Serikat. Dalam laporan IMD World Competitiveness Centre 2017, Amerika Serikat menempati peringkat empat dari 63 negara yang disurvei.

Laporan itu menyebutkan bahwa persepsi para eksekutif bisnis global tentang perekonomian AS telah memburuk seiring meningkatnya isu proteksionisme dan ancaman ketidakstabilan politik setelah terpilihnya Trump.

Situasi itu membuat AS harus terjun dari posisi tiga besar yang telah ditempatinya selama beberapa tahun terakhir. AS harus puas berada di bawah Hong Kong, Swiss dan Singapura. Padahal, di tahun 2015 Washington sempat menempati peringkat teratas.

“Saya bingung tentang AS, jujur saja, karena biasanya mereka konsisten di tiga besar. Sudah jelas bahwa ada persepsi negatif yang meningkat di negara ini,” ujar ekonom senior IMD World Competitiveness Center Jose Caballero, Kamis, 1 Juni 2017.

Namun demikian Caballero menerangkan, survei yang dilakukan kepada lebih dari 6.250 eksekutif bisnis dunia tersebut tidak memiliki kecondongan politis apapun di seluruh negara, termasuk AS. Dia menegaskan, terdapat 261 indikator yang dijadikan penilaian oleh lembaganya.

Menurutnya, Para eksekutif bisnis khawatir dengan ancaman proteksionisme dan ketidakstabilan politik akan mengganggu efisensi bisnis mereka di AS. Meskipun, para pebisnis optimis ekonomi AS akan sedikit terbantu oleh turunnya angka pengangguran dan mulai stabilnya laju inflasi nasional.

Caballero menyebutkan, laporan daya saing global tahun depan diprediksi akan memberikan gambaran yang lebih jelas dan pasti mengenai dampak kepemimpinan Trump pada daya saing berbisnis AS.

Pasalnya, Washington diperkirakan akan mulai menunjukkan kejelasan mengenai kampanye kebijakan Trump selama ini. Beberapa kebijakan yang diperkirakan akan meningkatkan daya saing global AS adalah pemangkasan tarif pajak domestik dan deregulasi aturan bisnis yang selama ini didengungkan oleh kabinet Presiden ke-45 AS tersebut.

Berempat.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here