Ilustrasi. (Suara)
Berempat.com

Kalau Anda berencana mengadakan open house atau menjadi tuan rumah untuk kumpul keluarga saat Lebaran nanti, maka Anda wajib melakukan persiapan-persiapan penting terkait dengan rumah Anda. Tujuannya, untuk menjadikan rumah Anda nyaman dan penuh kesan bagi para tamu. Ini dia daftar hal-hal yang harus diperhatikan.

Cat rumah
Untuk menyambut suasana Lebaran yang gembira, pastikan rumah Anda juga terlihat ceria dengan permainan warna-warna segar. Tak perlu ngejreng, warna-warna minimalis pun cocok untuk merayakan Idul Fitri, asalkan bersih. Cat ulang dinding rumah Anda dengan warna putih, abu-abu muda, atau krem. Atau, boleh juga dengan pilihan warna-warna lembut seperti dusty pink, mint, smoke grey, atau lavender.

Mendekorasi ulang ruangan di rumah juga wajib dilakukan. Misalnya, dengan menambahkan bunga-bunga segar di beberapa ruangan, kemudian memasang taplak meja baru, menambah alas sofa, atau mendekorasi dengan sarung bantal baru di ruang tamu. Tambahkan karpet di ruang yang lapang namun belum ada kursi. Karpet berfungsi untuk tempat duduk-duduk keluarga agar suasana lebih intim.

Kamar mandi
Pastikan semua kamar mandi bersih, rapi, dan wangi. Pastikan pula semua kamar mandi di rumah bisa berfungsi dengan baik. Jika ada kran, toilet, atau wastafel yang rusak segera perbaiki sebelum lebaran. Cek ketersediaan tisu, sabun, dan handuk di kamar mandi agar kebutuhan tamu terpenuhi.

Kebersihan kamar
Maski kamar bukan tempat berkumpul keluarga saat Lebaran, namun semua kamar harus bersih. Ganti sprei dengan yang bersih, serta perhatikan kebersihan jendela dari tumpukan debu. Sediakan satu kamar untuk tamu. Bukan untuk menginap, tapi sekadar berjaga-jaga kalau-kalau ada tamu yang membawa bayi atau orang tua. Bila ada bayi, ibu menyusui, ibu hamil, atau orang tua yang perlu beristirahat, mereka bisa beristirahat dengan nyaman di kamar yang bersih.

Teras
Jangan terlalu sibuk membersihkan ruangan bagian dalam rumah, wajib juga perhatikan teras dan garasi. Biasanya, tamu lelaki dan anak-anak lebih suka berkumpul di luar. Sediakan beberapa kursi di teras untuk duduk-duduk dan jangan lupa bersihkan lantai. Siram semua tanaman pot di teras agar rumah bersih dan segar.

Sumber: Suara.com

Berempat.com