Berempat.com

Tidur adalah sarana tubuh untuk mengistirahatkan badan dan organ-organ yang ada di dalam tubuh sehingga badan menjadi segar dan bisa melaksanakan fungsinya lagi.

Tapi tahukah anda bahwa metode tidur miring ke kanan adalah hal yang patut dilaksanakan, karena kita tahu bahwa lambung adalah organ pencernaaan yang letaknya di sebelah kanan tubuh kit dan jantung berada di sebelah kiri badan.

Nah, berikut manfaat tidur miring ke kanan yang membantu menjaga kesehatan.

1. Mengistirahatkan otak kiri
Otak kiri sangat berhubungan dengan hal-hal yang logika, rasio, kemampuan berhitung,  menulis,  dan membaca. Hal ini mempengaruhi sebagian besar kehidupan di siang hari yang berhubungan dengan Intelligence Quotient (IQ), sedangkan otak kanan hanya sedikit yang kita pergunakan pada saat beraktifitas di siang hari.

2. Mengurangi beban jantung
Tidur miring ke kanan memacu kinerja jantung semakin stabil, karena jantung berada di kiri sebelah badan. Hal ini menyebabkan aliran darah semakin lancar dari jantung ke seluruh tubuh. Karena jantung berada di atas sehingga tidak mendapatkan beban akibat tertindih bila miring ke kiri.

3. Mengistirahatkan lambung
Seperti kita ketahui Lambung mempunyai bentuk seperti tabung berbentuk koma dengan ujung keluarnya menuju usus menghadap ke arah kanan bawah. Maka jika tidur miring ke kanan, lambung akan mudah kosong dan sisa-sisa makanan langsung mengalir di sepanjang usus.
Sebaliknya jika tidur miring ke kiri akan menghambat proses pengosongan lambung. Hal ini mengakibatkan erosi dinding lambung karena sisa-sisa pengolahan makanan tidak dengan sempurna mengalir ke usus.

WhatsApp Image 2017-07-07 at 22.25.57

4. Merangsang buang air besar.
Karena proses makanan di lambung menuju usus semakin lancar. Maka sisa-sisa makanan yang mengalir di usus akan dengan mudah menumpuk pada usus bagian bawah. Hal ini akan meningkatkan rangsangan usus besar diikuti relaksasi di bagian otot anus.

5. Meningkatkan penyerapan gizi
Ketika tidur miring ke kanan, gerakan usus semakin meningkat karena perjalanan makanan yang telah diproses di lambung. Hal ini dikarenakan usus halus hingga usus besar ada di bawah maka proses penyerapan makanan bisa maksimal.

6. Meningkatkan pengosongan kantong empedu dan pankreas
Seperti halnya lambung, empedu yang letaknya di sisi kanan tubuh juga mengalami percepatan pengosongan cairan. Hal ini meyebabkan pencegahan pembentukan batu kandung empedu. Begitupun yang terjadi pada aliran setelah empedu ke pankreas yang mengeluarkan getah pankreas.

7. Mengistirahatkan kaki kiri
Sebagian dari kita melakukan aktifitasnya menggunakan tangan kanan. Maka gerakan tangan kanan menyebabkan kaki kiri untuk tumpuan penyeimbang gerakan tangan kanan. Jika tidur miring ke kanan maka aliran darah menuju kaki kiri lebih lambat. Hal ini mengurangi rasa pegal di kaki kiri.

8. Melindungi saluran pernafasan
Jika tidur dengan posisi telentang, biasanya orang cenderung mendengkur. Karena posisi lidah lurus ke pangkal tenggorokan, sehingga mengganggu jalannya pernafasan dan akan berakibat pada kekurangan oksigen di dalam tubuh yang akan menghentikan pernafasan.  Kalau hal itu terjadi, maka orang tersebut terbangun dengan terbatuk-batuk dan mengalami pusing kepala. Hal inj tentunya bisa mempengaruhi kualitas tidur.

Selain tidur miring ke kanan yang perlu diperhatikan saat tidur adalah pemakaian bantal. Pakailah bantal yang lembut dan agak tinggi untuk menopang kepala serta badan anda.  Sehingga bagian lengan atas atau bahu badan tidak menopang terlalu berat badan anda. Jangan lupa juga untuk berdoa untuk mengawali tidur anda ya.  (CPA)

Berempat.com