Berempat.com

Berkabar.id – Semua pasti setuju jika minuman bersoda bukanlah pilihan yang bagus untuk kesehatan. Bahkan sudah banyak diskusi yang membahas mengenai efek negatif minuman bersoda bagi tubuh dan kesehatan. Meski demikian, bisa dikatan minuman bersoda saat ini sangat sulit dihindari. Rasanya yang manis dan nikmat serta sensasi soda yang menyegarkan membuat minuman ini menjadi pilihan favorit untuk kumpul, bersantai, pesta, bahkan hanya sekedar menghilangkan dahaga.

Akan tetapi, semakin banyak Anda meminumnya, semakin banyak pula resiko kesehatan yang mengintai tubuh Anda. Harus diingat, minuman soda dalam jumla ‘normal’ sudah bisa mendatangkan bahaya untuk tubuh.

Simak beberapa efek negatif minuman bersoda untuk tubuh, seperti tim Berkabar.id rangkum dari berbagai sumber penelitian.

1. satu faktor penyebab diabetes tipe 2

Di dalam satu kaleng minuman bersoda terkandung pemanis yang setara dengan 10 sendok teh gula. Total gula yang terkandung di dalam soda, khususnya yang berbentuk cair, dapat membuat gula darah meningkat dan menyebabkan reaksi insulin dalam tubuh. Jika terus menerus dikonsumi maka seiring berjalannya waktu dapat menyebabkan diabetes atau resistensi insulin.

2. Tidak baik bagi tulang dan gigi

Asam fosfat yang terkandung di dalam soda bisa mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dan dapat menyebabkan osteoporosis, gigi berlubang dan pelunakan tulang. Asam fosfat juga berinteraksi dengan asam lambung yang nantinya dapat memperlambat proses pencernaan dan mengalangi penyerapan nutrisi.

Terdapat juga sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal General Dentistry, yang membandingkan kesehatan mulut antara pengguna kokain dan peminum soda. Peneliti menemukan bahwa keduanya mengalami pengeroposan gigi dengan level yang sama. Penyebabnya adalah citric acid, yang dapat melemahkan dan menghancurkan enamel gigi sepanjang waktu.

3. Mengandung bahan-bahan berbahaya

Hampir 10% minuman bersoda yang tersebar d pasaran mengandung bahan-bahan terlarang berbahaya seperti BVO atau Brominated Vegetable Oil, yang penggunaannya sudah dilarang oleh WHO dan juga dilarang peredarannya oleh lebih dari 100 negara.

4. Menyebabkan penyakit jantung

Menurut sebuah studi yang diterbitkan oleh American Heart Association, minum satu kaleng soda dalam sehari dikaitkan dengan 48% peningkatan risiko sindrom metabolik seperti penyakit jantung, kolesterol tingi, dan juga diabetes.

5. Pemanis buatan dihubungkan dengan sakit kepala

Beberapa penelitian membuktikan bahwa aspartam atau pemanis buatan dapat memicu sakit kepada atau migrain pada orang-orang tertentu.

6. Memicu depresi

Baru-baru ini sebuah studi yang di presentasikan di American Academy of Neurology menemukan fakta bahwa mereka yang minum soda lebih dari empat gelas atau kaleng soda setiap harinya lebih mungkin mengalami depresi klinis sebesar 30% dibandingkan mereka yang menghindarinya.

7. Masalah reproduksi

Tahukah Anda, ternyata kaleng yang sering digunakan untuk wadah minuman ringan ternyata dilapisi dengan endocrine disruptor bnisphenol A (BPA), yang dikaitkan menjadi salah satu penyebab sakit jantung, obesitas dan masalah reproduksi.

8. Menyebabkan obesitas

Peneliti Harvard baru-baru ini menemukan hubungan antara minuman bersoda dengan obesitas. Studi ini menemukan bahwa anak usia 12 tahun yang minum soda lebih cenderung menjadi gemuk daripada mereka yang tidak. Untuk setiap porsi soda yang dikonsumsi, risiko obesitas meningkat 1,6 kali.

9. Tidak mengandung nilai gizi

Tidak hanya memiliki banyak efek berbahaya, ternyata soda juga sama sekali tidak memiliki nilai gizi di dalamnya. Soda adalah zat alami yang merugikan tubuh karena kadar gula, natrium dan kafein yang tinggi dapat menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan dehidrasi kronis.

10. Pemicu kanker

Kebanyakan minuman bersoda mengandung kafein yang telah dikaitkan dengan beberapa jenis kanker, benjolan pada payudara, jantung berdebar tidak teratur, tekanan darah tinggi dan masalah kesehatan lainnya.

Beberapa alasan diatas tampaknya menegaskan bahwa Anda harus mulai mengurangi/meninggalkan minuman bersoda. Alih-alih mengkonsumsi minuman bersoda, Anda bisa mencoba beberapa alternatif yang lebih sehat berikut ini, baik untuk Anda sendiri maupun untuk anak dan anggota keluarga lainnya:

  • Air mineral, tentu saja air mineral merupakan minuman terbaik dari yang terbaikm karena selain sehat dan menyegarkan, air mineral juga murah meriah.
  • Infused water, alias air yang di-inject dengan buah segar alami.
  • Untuk pagi hari atau waktu sarapan Anda bisa mengganti soda dengan teh lemon atau kopi.
  • Untuk siang hari atau waktu makan siang cobalah limun buatan sendiri atau es teh.
  • Untuk sore hari sambil menemani waktu santai, Anda bisa membuat jus buah segar untuk dikonsumsi.
  • Untuk malam hari atau makan malam Anda bisa mencoba minuman-minuman hangat tradisional seperti wedang jahe, susu coklat hangat dan lain sebagainya.

Yang alami selalu lebih baik, termasuk dalam hal minuman.

Berempat.com