Siempreverde22/iStock/Getty Images
Berempat.com

Berkabar.IDFastfood memang masuk dalam kategori makanan tidak sehat. Selain karena jumlah kalori yang sangat besar dalam penyajiannya, kandungan lemak jenuh yang tinggi juga menjadi salah satu alasannya.

Meski begitu, gerai fastfood yang tersedia di berbagai negara sangat banyak, mulai dari ayam, burger, sandwich, dan olahan lainnya. Hal ini karena peminat fastfood yang sangat banyak.

Salah satunya adalah McDonald’s dengan gerai sekitar 39.000 outlet yang terbagi di 119 negara, membuat eksistensinya sangat tinggi di kalangan pecinta fastfood dunia. Padahal, McDonald’s sendiri sangat sering mendapatkan predikat pengolahan makanan terburuk dalam video yang tersebar di YouTube.

Dikutip Berkabar.ID dari cheatseet, Sabtu (3/4) walau begitu ternyata ada beberapa negara yang melarang restoran fastfood ini beroperasi. Di mana saja?

10. Islandia

Islandia (metrolatam.com)

Sebenarnya ada 3 gerai McDOnalds yang buka sebelum krisis moneter pada 2009 di negara ini terjadi. Namun karena Islandia menjadi salah satu negara sehat di dunia, maka mereka menolak 3 gerai tersebut dibuka kembali di wilayahnya. Mereka lebih memilih untuk menghidupkan budidaya bahan makanan dalam negaranya daripada harus mengizinkan McD beroperasi kembali.

9. Yaman

Yaman (REUTERS/Khaled Abdullah)

Memiliki ekonomi yang tidak stabil menjadi faktor tidak dibangunnya Mcd di wilayah ini. Selain itu, wilayah yang rawan teroris ini membuat McD berpikir dua kali karena mereka tak ingin restorannya diserang teroris.

8. Kepulauan Bermuda

Bermuda (Cheat Sheet)

McDonald’s pernah mendirikan restorannya di wilayah ini pada tahun 1996 silam. Namun, masyarakat di sana menyerang restoran tersebut. Mereka menolak adanya restoras fastfood jenis apa pun dibangun di sana.

7. Korea Utara

Kim Jong-un (CNNIndonesia)

Siapa yang tidak kenal Km Jong-un. Ya, dia melarang McD berdiri di negaranya karena produsen makanan tersebut berasal dari Amerika Serikat (AS). Namun, uniknya, Kim Jong-un merupakan salah satu penikmat Big Mac yang dikabarkan sering dikirim melalui China.

6. Bolivia

Bolivia (Aizar Raldes/AFP/Getty Images)

Alasan tidak adanya gerai McD di Bolivia saat ini adalah masyarakatnya yang tidak begitu menyukai makanan cepat saji. Hingga akhirnya pada 2014 McDonald’s yang berada di wilayah itu bangkrut dan tutup permanen karena kurangnya penjualan mereka.

5. Makedonia

Macedonia. (outcast85/iStock/Getty Images)

Perseteruan yang terjadi antara pengusaha makanan di Makedonia dengan manajemen McDonald’s pada tahun 2013 lalu membuat omset McD ambruk dan akhirnya memutuskan untuk tutup selamanya.

4. Ghana

Ghana (Siempreverde22/iStock/Getty Images)

UMR pekerja di wilayah Ghana bukan target dari pasar pangan McDonalds. Selain itu, persaingan yang kompetitif dengan KFC membuat pendapatan McD di wiayah Ghana juga bangkrut dan tutup.

3. Zimbabwe

Zimbabwe (GeraldMashonga/iStock/Getty Images)

Sejatinya McDonalds diperbolehkan beroperasi di wilayah ini pada tahun 2010 lalu. Namun, setelah semppat tutup, belum ada lagi izin untuk restoran ini beroperasi di Zimbabwe.

2. Montenegro

Montenegro (joyt/iStock/Getty Images)

Karena khawatir dengan kesehatan warga negaranya. Pemerintah Montenegro memaksa restoran cepat saji ini tutup agar tidak memengaruhi kesehatan warga negaranya hingga lama.

1.Kazahkstan

Kazahkstan (Cosmopol/iStock/Getty Images)

Kazahkstan merupakan negara pertama yang mengatakan ‘tidak’ akan membuka McDonalds di negaranya, hingga akan dibuka perbelanjaan mewah yang akan menghadirkan McD. Namun, pernyataan itu sampai saat ini tidak terbukti, dan McDonald’s tidak pernah beroperasi di sana hingga saat ini.

Berempat.com