Berempat.com

Saat ini gadget telah menjadi sebuah kebutuhan bagi semua orang, termasuk juga bagi kehidupan anak-anak, sering kita jumpai saat ini banyak anak yang telah memiliki gadget pribadi. Sehingga waktu mereka banyak dihabiskan bersama gadget tersebut.

Menurut pakar perkembangan anak Dr Kristy Goodwin, anak yang berusia diatas dua tahun, sebaiknya diberikan waktu pemakaian maksimal dua jam sehari, namun kenyataannya anak-anak tersebut memakai gadget lebih dari dua jam bahkan bisa memainkan gadgetnya dari siang hari hingga sore hari.

Sebenarnya bermain gadget tidak selalu berdampak buruk bagi anak-anak, jika penggunaanya sesuai dengan usia anak dan digunakan dengan bijak. Bermain gadget akan sangat bermanfaat jika sang buah hati dibimbing oleh orang tua.

Namun karena kesibukan orang tua, banyak anak-anak yang akhirnya kecanduan bermain gadget dan sulit jauh-jauh dari barang pribadinya tersebut. Untuk menghilangkan kecanduan gadget, para orang tua bisa melakukan beberapa hal berikut ini yang dikutip menurut Goodwin, diantaranya :

  1. Batasi Waktu Pemakaian

Para orang tua harus membuat perjanjian kepada anak-anak dalam batasan waktu pemakaian gadget, salah satu caranya bisa menggunakan aplikasi jam dalam penggunaan gadget tersebut, jadi ketika waktu telah habis gadget tersebut akan terkunci otomatis, namun bisa digunakan lagi dilain waktu.

  1. Gunakan Gadget Denga Benar

“Hindari menggunakan gadget sebagai imbalan, sebab kita ingin anak-anak melihat teknologi sebagai alat, bukan sebagai mainan. Ketika gawai digunakan sesuai fungsinya, bukan sebagai hadiah setelah melakukan sesuatu, lebih besar kemungkinan anak akan menciptakan hubungan yang sehat dengan teknologi, “ terang Goodwin.

  1. Jauhkan Gadget Pada Waktu-waktu Tertentu

Jauhkan gadget pada waktu-waktu tertentu, terutama ketika waktu tidur siang dan malam, karena paparan cahaya biru pada gadget bisa menghambat produksi melatonin tubuh. Dampaknya anak akan sulit tidur.

  1. Lakukan Kegiatan Outdoor

Melakukan kegiatan di luar ruangan sangat penting dilakukan anak-anak guna mengalihkannya perhatiannya dengan gadget. Kegiatan diluar bisa dalam bentuk permain sederhana, olahraga ringan, dan mengeksploitasi lingkungan sekitar, kegiatan ini penting dilakukan untuk mendukung peningkatan perkembangan anak-anak juga.

Berempat.com