Berempat.com

Apakah pasangan anda sering ngorok? Sangat mengganggu bukan. Sebagai pasangan, tidak ada salahnya membantu agar pasangan anda tidak mengorok.

Kata pakar tidur dari New York, Amerika Serikat, Marha Cortes, “Semakin sering mengorok, semakin buruk dampaknya”.

Mendengkur atau ngorok berdampak buruk bagi kesehatan. Salah satunya adalah kwalitas tidur berkurang. Hal ini bisa menjadikan badan lemas dan kepala pusing. Bahkan suara dengkuran bisa berdampak hubungan dengan pasangan menjadi tidak harmonis.

Seperti dikutip dari Good Housekeeping, Rabu (12/7), Bila ingin pasangan tidak mengorok coba lakukan hal dibawah ini :

  1. Tidur Menyamping

Orang tidur telentang cenderung mengorok, hal ini dikarenakan ujung tenggorokan berada dibawah panggal lidah yang lebih rendah. Inilah yang memicu suara dengkuran.

  1. Berat Badan Ideal.

Seseorang yang tidak memiliki berat badan ideal cenderung tidurnya mendengkur, disebabkan oleh timbunan lemak yang berada di saluran pernafasan.

  1. Bersihkan Hidung

Jika hidung anda kotor, sebaiknya bersihkanlah sebelum tidur. Karena kotoran-kotoran yang menyumbat akan memicu suara dengkuran.

  1. Rajin mengunyah permen karet.

“Seiring bertambahnya usia, jaringan yang melapisi tenggorokan menjadi lembek. Apalagi bila dia mengalami sleep apnea” kata Cortes.

Agar saluran udara tidak sempit, Cortes menyarankan mengunyah permen karet bebas gula dua kali sehari selama dua puluh menit. Hal ini melatih otot mulut, lidah, rahang serta otot wajah supaya potensi mengorok berkurang.

Nah apakah anda ingin menolong pasangan anda untuk tidak mengorok? (CPA)

Berempat.com