Tahu gejrot adalah makanan khas Cirebon, Indonesia. Tahu gejrot terdiri dari tahu yang sudah digoreng kemudian dipotong agak kecil lalu dimakan dengan kuah yang bumbunya cabe, bawang putih, bawang merah, gula. Biasanya disajikan di layah kecil.

Tahukah anda, selain rasanya yang nikmat, makanan ini juga memiliki banyak manfaat dan khasiat bagi tubuh loh. Berbicara tentang manfaat yang telah ada di dalam tahu gejrot sendiri tidak lepas karena kandungan di dalamnya.

Untuk kandungan yang ada di makanan khas tersebut adalah vitamin B kompleks seperti thiamin, riboflavin, vitamin E, vitamin B12, kalium dan kalsium.

Dan langsung saja inilah manfaat dan khasiat makanan khas Indonesia ‘Tahu Gejrot’

1. Mengurangi asam urat
Asam urat ditandai dengan kondisi nyeri, rasa panas pada persendian dan pembekakan. Dengan rutin mengkonsumsi makanan ini bisa membantu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh. Jika anda penderita asam urat mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

2. Mencegah stroke
Khasiat tahu gejrot yang pertama bisa membantu anda dalam mencegah penyakit stroke. Stroke merupakan sebuah penyakit yang ditandai dengan rusaknya sebagian dari otak. Untuk mencegahnya anda bisa mengkonsumsi tahu gejrot. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu mencegah stroke. Oleh karena itu, makanan ini sangat baik dikonsumsi bagi penderita stroke.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Memiliki sirkulasi darah sangatlah dibutuhkan oleh tubuh. Untuk meningkatkan sirkulasi darah bisa dengan cara rutin mengkonsumsi makanan ini. Kandungan zat besi yang ada dalam makanan ini sangat berperan penting untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga anda tidak akan kekurangan darah.

4. Memperkuat tulang
Kandungan kalsium yang ada dalam makanan tahu gejrot ini sangatlah berguna untuk memperkuat tulang dan juga sendi. Dengan rutin mengkonsumsinya maka akan mencegah anda dari risiko yang sering membuat tulang dan sendi bermasalah.

5. Meningkatkan metabolisme tubuh
Manfaat lainnya dari mengkonsumsi tahu gejrot ini juga terbukti mampu meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan selenium yang ada di dalamnya mampu meningkatkan proses metabolisme dalam tubuh. Oleh karena itu, mulailah untuk mengkonsumsi makanan ini.

6. Mengurangi kolesterol jahat
Mengkonsumsi tahu gejrot juga bisa membantu mengurangi kolesterol jahat. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada dalam makanan ini mampu mengurangi penumpukan lemak akibat kolesterol jahat. Dengan mengkonsumsinya akan mencegah anda dari penumpukan kolesterol jahat.

7. Mencegah penyakit jantung
Jantung merupakan salah satu organ tubuh yang paling penting dan perlu dijaga kesehatannya. Kandungan yang ada di dalamnya akan bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. Oleh karena itu, anda bisa rutin mengkonsumsi makanan ini agar terhindar dari resiko penyakit jantung.

8. Mencegah anemia
Anemia atau kekurangan darah bisa disebabkan karena kurangnya asupan gizi pada makanan yang dikonsumsi. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan tahu gejrot. Kandungan nutrisi yang ada di dalamnya membantu memproduksi sel darah merah sehingga bisa mencegah anda dari resiko anemia.

9. Mencegah diabetes
Selain bermanfaat dan mampu mencegah anemia, tahu campur ini juga sangat efektif untuk mencegah diabetes. Kandungan yang ada di dalamnya terbukti mampu menurunkan kadar gula darah sehingga bisa mencegah resiko diabetes.

10. Mencegah obesitas
Salah satu faktor penyebab terjadinya obesitas karena banyak mengkonsumsi makanan yang berlemak. Untuk mencegahnya bisa dilakukan dengan rutin mengkonsumsi tahu gejrot. Kandungan kalori yang terbilang rendah bisa mencegah anda dari kegemukan.

Nah, itulah 10 manfaat dan khasiat tahu gejrot untuk kesehatan. Selain itu ada lagi 3 manfaat lainnya dari makanan ini yang perlu anda ketahui, Berikut ini manfaatnya:

-Mencegah rambut rontok
-Mencegah kanker
-Membantu mencegah penuaan dini

Demikian 13 manfaat dan khasiat tahu gejrot untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui.