Berempat.com

Berkabar.id – Pernah minum air es namun tiba-tiba gigi terasa begitu ngilu? Atau, saat menggigit makanan manis dan gigi terasa sangat ngilu? Gigi yang terasa sangat ngilu ketika terkena dingin, panas atau manis disebut sebagai gigi sensitif. Kondisi ini sering kali membuat kita merasa tidak nyaman, kurang tertarik dengan makanan dingin, panas atau manis hingga ragu untuk makan atau meminumnya.

Dilansir dari laman stylecraze.com, kondisi gigi sensitif bisa terjadi karena banyak sebab. Penyebab utamanya adalah lapisan luar gigi yang menipis sehingga terbukalah dentin gigi. Ada beberapa penyebab lain dari gigi sensitif yang sering kita lakukan namun jarang disadari. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Sikat Gigi Terlalu Keras

Beberapa orang mungkin akan menyikat gigi dengan sangat kuat dan keras agar kotoran di gigi benar-benar bersih. Sayangnya, menyikat gigi terlalu keras ini bisa merusak lapisan dentin atau email gigi yang mendorongnya jadi gigi sensitif.

Produk Pasta Gigi yang Salah

Sebelum memilih pasta gigi, usahakan agar membaca kandungan yang ada di pasta gigi tersebut. Karena apa? Pemilihan pasta gigi yang salah bisa meningkatkan risiko gigi sensitif. Terlebih lagi, ketika pasta gigi itu mengandung baking soda atau zat kimia lain yang tinggi asam. Pasta gigi tinggi asam dan bermanfaat memutihkan tidak jarang meningkatkan risiko gigi sensitif.

Pemilihan Sikat Gigi yang Salah

Tidak semua produk sikat gigi pas dan baik untuk kesehatan gigi kita. Beberapa sikat gigi memiliki bulu yang keras, tebal dan kaku. Inilah yang bisa membuat lapisan email gigi berkurang dan menyebabkan gigi sensitif. Apalagi, jika saat menyikat gigi kita melakukannya dengan sangat keras dan kuat. Kita juga memakai pasta gigi yang kurang tepat.

Konsumsi Makanan Manis, Asam & Pedas

Kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu manis, asam atau pedas bisa meningkatkan risiko gigi sensitif. Para ahli mengungkapkan jika jenis makanan ini bisa membuat lapisan email gigi menipis dan membuat gigi maupun gusi terasa ngilu.

Pemakaian Obat Kumur Berlebihan

Setelah menyikat gigi, beberapa orang akan berkumur dengan obat kumur agar kebersihan gigi semakin maksimal. Namun, jika berkumur dengan obat kumur dilakukan secara berlebihan, ini bisa meningkatkan risiko gigi sensitif. Ini juga berisiko membuat gigi serta gusi lebih mudah merasa ngilu serta nyeri.

Itulah sedikitnya 5 penyebab dari gigi sensitif yang sering terjadi namun jarang sekali disadari. Selain penyebab di atas, penyebab lainnya adalah adanya plak gigi yang berlebihan, prosedur medis yang salah, gigi pecah/retak dan kebiasaan buruk menggeretakkan gigi.

Berempat.com