Setelah melakukan hubungan intim dengan pasangan, bagian organ vital tentu akan menjadi lebih kotor. Untuk membersihkannya, kebanyakan wanita akan segera mengambil tisu dan mengelap area vagina hingga bersih.

Tisu memang menjadi benda yang kerap digunakan oleh kaum hawa untuk membersihkan area vagina baik itu setelah buang air kecil atau untuk saat-saat lainnya. Meskipun terlihat ringkas dan mudah untuk digunakan Namun, penggunaan tisu ini benar-benar tak disarankan. Apalagi jika tisu tersebut rapuh dan gampang robek.

Demikian disampaikan Dokter obstetri dan ginekologi Siloam Hospital Semanggi dr. Ardiansjah Dara Sjahruddin, SpOG, MKes. Pakar kesehatan ternyata berkata bahwa penggunaan tisu untuk mengelap area vagina ternyata tidak baik untuk kesehatan organ vital.

Andai wanita sering menggunakannya untuk mengelap vagina setelah berhubungan intim, maka dikhawatirkan banyak partikel asing yang akhirnya menempel pada vagina dan pada akhirnya memicu infeksi.

Dr Ardiansjah menjelaskan, sebaiknya untuk mengeringkan kelamin itu dengan handuk kering, bukan dengan tisu. Alasannya, jika tisu toilet yang digunakan rapuh bisa hancur dan pecah saat digunakan.

Selain itu, pastikan untuk membersihkan vagina dengan memakai air yang disiram dari arah depan ke belakang, bukan sebaliknya, Hal ini untuk mencegah bakteri dan kotoran dari area anus berpindah ke area vagina wanita.

Saat membersihkan area vagina, disarankan wanita untuk tidak menggunakan sabun yang bisa jadi memicu alergi, iritasi, hingga masalah vagina kering. Selain itu, ada baiknya wanita juga tidak menggunakan parfum atau wewangian yang mengandung banyak bahan kimia setelah berhubungan intim. (CPA)