Mencegah Rabun di hari tua
Berempat.com

Berkabar.ID -Seiringnya bertambah usia, banyak penyakit yang menyerang salah satunya  kesehatan mata. Wajar jika penglihatan kita berubah saat tubuh kita mulai menua dan memburuk.

Beberapa perubahan yang akan kita alami seperti presbiopi, sepenuhnya normal dan tidak menunjukkan masalah serius.

Tapi, ada juga risiko penyakit mata yang lebih tinggi saat kita mencapai titik tertentu dalam kehidupan menua nanti. Penyebab hilangnya penglihatan di usia lanjut diketahui karena terkena penyakit glaukoma, katarak, dan retinopati diabetes.

Semua penyakit tersebut bisa memiliki efek buruk bagi pengelihatan, saat ini tidak ada obat untuk degenerasi makula atau glaukoma, yang merupakan penyakit ireversibel.

Jadi, merawat mata sejak usia dini itu sangatlah penting. Lantas bagaimana caranya menjaga kesehatan mata di usia dini?

Simak 10 cara di bawah ini:

1. Pemeriksaan Mata Reguler

Mengunjungi dokter mata secara teratur sangat penting jika ingin menjaga kesehatan mata dan mencegah penurunan penglihatan mata di masa depan.

Dianjurkan oleh dokter mata untuk menjalani pemeriksaan mata setiap dua sampai empat tahun sekali, menurut Glaucoma Research Foundation.

2. Lindungi Mata dari Sinar Matahari Langsung

Kebanyakan orang sadar akan kerusakan yang ditimbulkan sinar matahari pada kulit, tapi banyak yang lupa memberikan tingkat perlindungan yang sama untuk mata mereka.

Hal ini penting untuk melindungi mata Anda dari sinar ultraviolet (UV) yang berbahaya di matahari.

Carilah kacamata dengan lensa UV400, yang menawarkan perlindungan UV 100%.

3. Makanlah Diet Sehat Buah dan Sayuran

Tidak hanya diet seimbang untuk kesehatan pribadi, tapi makan dengan sehat dapat membantu menjaga kesehatan mata sampai tua.

Pola makan dan sayuran berwarna-warni, kacang-kacangan dan biji-bijian, protein dan lemak esensial akan membantu menjaga mata.

4. Berolahraga secara teratur

Kamu tidak hanya bisa menjaga otot tetap sehat, berat badan terkendali dan menjaga jantung tetap sehat, tapi juga bisa mendukung penglihatan.

Aktivitas fisik juga dapat membantu melindungi penglihatan dengan mencegah penyakit mata seperti katarak, glaukoma, dan degenerasi makula terkait usia.

5. Berhenti merokok

Merokok tidak hanya buruk bagi paru-paru dan penyebab utama kanker.

Kebiasaan buruk ini juga dikaitkan dengan peningkatan risiko pengembangan degenerasi makula terkait usia, katarak, dan kerusakan saraf optik, ketiga kondisi ini bisa menyebabkan kebutaan.

Merokok juga diketahui memperburuk kondisi penglihatan terkait diabetes.

6. Menjaga Berat Badan

Diabetes tipe 2 menyebabkan lonjakan abnormal gula darah dan akan meningkatkan kemungkinan retinopati diabetes.

Untuk mencegah diabetes tipe 2, penting untuk mengontrol berat badan dan lemak tubuh.

7. Lakukan Latihan Mata

Latihan mata terbukti mengatasi berbagai masalah terkait mata.

Melatih mata secara teratur dapat mencegah ketegangan mata, sindrom mata kering dan menjaga agar mata tetap terjaga.

8. Minum Suplemen

Penelitian mengatakan bahwa menambahkan suplemen ke makanan kita bisa menjadi cara untuk mencegah kerusakan pada kesehatan mata dan dapat membantu menunda timbulnya penyakit yang dapat merusak mata.

9. Minum lebih banyak air

Minum lebih banyak air sangat bagus untuk kesehatan mata. Tidak hanya penting untuk mencegah dehidrasi (dan menjaga mata tetap lembab), namun ini mendukung struktur dan fungsi sel normal mata.

Nah, itulah 9 cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan jernih sampai tua nanti. Semogga bermanfaat.

Berempat.com