Ilustrasi makan berlebihan saat stres. (zenfatloss.com)
Berempat.com

Berkabar.ID – Setiap kali sedang dilanda banyak pikiran, kebanyakan orang khususnya perempuan cenderung akan lebih banyak makan. Pasalnya, dengan makan makanan yang manis atau sesuatu yang disuka memang cenderung membuat pikiran lebih rileks daripada sebelumnya. Tapi, kalau selalu makan setiap kali sedang banyak pikiran bukankah justru bisa membuat tubuh jadi gendut?

Tentunya Anda tidak mau bukan kalau bentuk tubuh jadi terganggu lantaran selalu melarikan diri ke makanan setiap kali sedang banyak pikiran? Apalagi terlalu banyak makan pun bisa menyebabkan tubuh Anda jadi rentan terkena penyakit seperti obesitas.

Bila Anda punya kebiasaan seperti itu dan ingin menghentikannya, berikut ini ada 5 cara alternatif untuk bisa menghindari makan berlebih setiap kali sedang stres yang tim Berkabar.ID rangkum dari berbagai sumber.

  1. Kurangi Beban Pikiran
Kurangi stres. (mondotunes.com)

Kalau selalu makan setiap kali sedang banyak pikiran, maka hal pertama yang mesti Anda lakukan untuk menghentikan kebiasaan itu adalah dengan mengurangi beban pikiran. Anda bisa menjadikan musik sebagai sarana menghilangkan penat, mengatur jadwal liburan karena terlalu suntuk dengan pekerjaan, atau menonton film komedi. Anda bisa memilih salah satunya sebagai upaya mengurangi beban pikiran.

  1. Lawan Keinginan Makan
Lawan keinginan makan. (bonfirehealth.com)

Kadang kala memang Anda seperti tidak sadar dan tiba-tiba sudah melahap makanan di kala sedang banyak pikiran. Tapi, justru di saat makan biasanya Anda akan tersadar bahwa Anda tidak ingin melanjutkannya, maka saat itu juga segera berhentilah. Bahkan, akan jauh lebih baik bila Anda segera melawan keinginan makan ketika Anda baru memikirkannya. Karena memang hanya keinginan di dalam diri Anda yang paling bisa mendorong Anda untuk menghentikan kebiasaan makan berlebih itu.

  1. Hindari Makan Junk Food
Say no to junk food. (mashupcorner.com)

Bagaimanapun, makan junk food tidak pernah disarankan sekalipun Anda sedang banyak pikiran. Memang, ketika sedang banyak pikiran Anda akan cenderung melarikan pilihan makanan ke junk food dibanding makanan sehat, tapi segera sadarilah bahwa junk food dapat membawa berbagai macam penyakit ke dalam tubuh Anda. Setidaknya, seperti kolesterol.

  1. Larikan Diri ke Akupuntur
Akupuntur. (vebma.com)

Bila And sedang banyak pikiran hingga cenderung stres, cobalah untuk melarikan diri ke akupuntur. Pasalnya, beberapa penelitian membuktikan bahwa akupuntur dapat membantu mengatasi emosional dan membuat diri menjadi lebih sehat lantaran memperlancar aliran darah.

  1. Sesekali Manjakan Diri Anda Sendiri
Manjakan diri. (cantikkualami.com)

Ini adalah hal yang perlu Anda lakukan, tak ada salahnya Anda memanjakan diri Anda sendiri. Anda bisa memulainya seperti melakukan perawatan ke salon, atau me time dengan berjemur di pantai, atau hal lain yang bisa memanjakan diri Anda. Intinya, sayangilah diri Anda melebihi siapa pun. Karena hanya Anda yang bisa menjaga kondisi tubuh Anda.

Berempat.com