Mengatasi bau kaki dengan bahan alami | istock
Berempat.com

Selalu menggunakan sepatu dalam aktivitas harian, bisa menyebabkan kaki sedikit bau dan ini akan mereda dalam waktu yang sebentar saja.Tetapi untuk sebagian orang, masalah bau kaki merupakan masalah karena terus menempel pada kaki meski telah melepas sepatunya.Kondisi ini biasa disebut dengan bromhidrosis.Bau kaki bisa menjadi masalah yang memalukan dan bisa mempengaruhi aktivitas kita.

Bau busuk menjadi lebih buruk saat musim panas ketika suhi naik dan kita banyak menegluarkan keringat.Menurut sebuah penelitian di Jepang, bakteri hadir di dalam sepatu dan kulit, mereka memakan keringat dan menciptakan produk berupa asam, melansir India.com.Inilah yang menyebabkan bau busuk.Untuk mengatasi mengatasinya, berikut pengobatan rumahan yang dapat kita lakukan.

1. Rendam air cuka

Cuka akan menciptakan kondisi buruk bagi bakteri karena efek pengeringannya.Kita harus merendam kaki dengan cuka untuk menyingkirkan bau busuk.Caranya dengan mengambil mangkuk besar dan kemudian tuang satu tutup botol dan dua gayung air.Rendam kaki selama 30 menit dan lakukan perawatan ini sehari sekali selama satu minggu.

2. Gunakan minyak esensial

Minyak atsiri memiliki beberapa manfaat kesehatan dan kecantikan.Minyak ini juga memiliki sifat antimikroba dan anti jamur yang bisa menghilangkan bakteri pada kulit.Tidak hanya akan membunuh bakteri, minyak atsiri juga akan menghilangkan bau busuk.

Masukkan delapan sampai sepuluh tetes minyak atsiri atau esensial ke dalam setengah ember air hangat dan rendam kaki sekitar 30 menit.Kita juga bisa menggunakan minyak lavender.Lakukan perawatan ini dua kali sehari selama seminggu.

3. Baking soda

Baking soda atau sodium bicarbonate digunakan dalam banyak produk kecantikan.Ini bisa mengurangi bakteri dan menghilangkan bau.Tambahkan satu sendok makan soda untuk setiap liternya.Rendam kaki dalam larutan ini selama 20 menit dan ulangi setiap hari selama seminggu.

4. Spa teh hitam

Teh hitam juga bisa digunakan untuk menghilangkan bau kaki.Asam tannic yang ada dalam teh hitam mampu membunuh bakteri penyebab bau yang ada pada kulit.Hal ini juga menurunkan keringat dengan menutup pori-pori kulit.Rebus tiga cangkir air dan tambahkan dua kantong teh hitam.

Masukkan larutan teh ke dalam setengah ember air dan rendam kaki sekitar 20 menit.Ulangi perawatan ini sekali sehari selama seminggu.

5. Air lemon

Air lemon bersifat asam dan mampu membunuh bakteri yang menyebabkan bau. Hal ini juga dapat menurunkan keringat dengan menutup pori-pori kulit. Tambahkan air lemon ke bak kecil berisi air hangat.Kemudian rendam kaki sekitar 20 menit, ulangi dua kali sehari selama seminggu.Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kita bisa melakukan perawatan ini secara teratur.

Sumber

Berempat.com