Berempat.com

Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) mengirim tim advance le daerah terdampak gempa dan tsunami Palu, Aulaweai Tengah.

Tim RSCM telah berhasil membuka dan mengaktifkan kembali layanan di RS Sis Al Jufri Palu serta membantu RS Wirabuana serta operasi di KRI Soeharso.

Tim 1 yang terdiri dari 13 orang itu bertahan dalam keadaan bencana dengan fasilitas minimal. Mereka membuka jalan bagi tim-tim medis lainnya untuk masuk dengan kekuatan lebih besar.

Mereka juga menyiapkan lahan pelayanan di RS maupun di lapangan depan RS. Berkoordinasi dengan banyak pihak khususnya kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatab, TNI, BNPB, dan masih banyak lagi.

Tim ini akan dipulangkan ke Jakarta dan diganti dengan 32 orang yang tergabung dalam tim 2 RSCM.

Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti, mengatakan, tim 1 besok hari Selasa akan mendapatkan penghargaan dari RSCM atas bakti mereka Mereka akan paparkan pengalaman dengan pemutaran video pendek.

Anggaran pengiriman bantuan ke Palu ditanggung oleh RSCM sendiri yang juga sebagian merupakan donasi dari para staf dan karyawan serta masyarakat yang peduli.

“Kiranya kita perlu memikirkan bagaimana bantuan kemanusiaan ini tetap berlangsung sampai Palu Donggala bisa bangkit kembali,” ujar dr Lies Dina.

Ketersediaan dana operasional merupakan penopang dan penentu strategi penyapihan rumah sakit-rumah sakit di Palu.

Berempat.com