Song For Japan – Nodojiman The World 2017 adalah kontes dikhususkan bagi warga bukan Jepang yang mampu menyanyikan lagu Jepang dengan baik. Pesertanya dari berbagai negara. Mereka mendaftar dan ikut seleksi di ajang tersebut. Lebih dari 2000 orang yang mengikuti audisinya.

Namun untuk pemuda asal Amuntai, Kabupaten Hulu Sungai Utara ini boleh berbangga hati, karena dia langsung diundang oleh panitia Song For Japan tanpa mengikuti audisi terlebih dahulu. Dia berkesempatan diundang penyelenggara Nodojiman The World dari Jepang sebagai kontestan menyanyi lagu jepang tanpa ikut proses penyeleksian yang Panjang. Ilhamy meyisihkan dua ribu kontestan dan berhasil maju beserta lima belas kontestan lainnya.

Ahmad Rusydi Ilhamy, pria kelahiran 14 Agustus 1990 ini adalah seorang guru Bahasa Inggris di SMK 2 Amuntai dan Madrasah Aliyah Asy Syafiiyah Alabio sebelumnya gemar menguploud lagu-lagu di akun You Tubenya. Sudah puluhan cover lagu diunggah Ilhamy di youtube channel yang memilikinya, termasuk lagu Jepang dari tahun 2009, Tapi mulai serius membuat videonya pada tahun 2015/2016.

“youtub nya sendiri udah dibikin pd tahun 2009, tapi mulai diseriusin bikin video2 cover pada tahun 2015/2016.” Tutur Ilhamy kepada Berkabar.ID
Kegemarannya di bidang musik saat duduk di Sekolah Menengah Atas (SMA), membawanya ke ajang bergengsi tersebut. Ilhamy membawakan lagu Himawari No Yakusoku yang merupakan soundtrack film Doraemon ‘Stand by me’ di ajang Song For Japan – Nodojiman The World 2017. Dia mendapatkan skor 393 diajang tersebut.

Acara Song For Japan – Nodojiman The World 2017 tayang di TV Jepang nya (NTV) pada tanggal Sabtu, (25/11/2017), Jam 7 malam waktu Tokyo, atau Jam 6 WITA / 5 WIB sore hari.

Ternyata, Ilhamy selain jago bernyanyi juga mahir memainkan alat musik gitar dan piano. Dia bahkan juga mahir memainkan acapella hanya melalui olah suara layaknya bix box yang dipelajarinya secara otodidak.

Ilhamy juga pernah mengover lagu penyanyi ibukota Anji, mantan vokalis band Drive, dan dirinya juga Anji ke Jakarta bersama beberapa youtuber lain yang juga mengcover lagu berjudul ‘Dia’ yang hingga saat ini masih booming.

Pria jebolan FKIP UNLAM at Universitas Lambung Mangkurat ini berharap bulan Maret 2018 yang akan datang bisa tampil dan diundang lagi ke ajang bergenggsi tersebut. “Mudah2an sih maret ini bisa ikut lagi.” Ucap Ilhamy mengakhiri.

Semangat terus Ilhamy, bikin Indonesia Bangga ya. Ganbatte (CPA)