Istimewa

Berkabar.ID – Penyanyi legendaris Virgiawan Listanto atau yang biasa disebut Iwan Fals adalah seorang musisi yang melegenda. Karya-karya musiknya selalu mempunyai ciri khas yang banyak menggambarkan ironi pada yang terjadi di Indonesia. Berkat karya musiknya, Iwan Fals begitu dikagumi banyak orang. Dari masyarakat biasa hingga kalangan selebritas, semua menyimpan kekaguman terhadap sosok Iwan Fals.

Iwan Fals pun mempunyai fans yang sangat fanatik yang diberi nama OI. Kecintaannya pada dunia musik sudah ia rasakan sejak masa remaja. Saat itu ia lebih memilih menggandrungi alat musik gitar ketimbang lainnya. Tidak heran jika Iwan pernah dianugerahi Legend Awards dalam ajang AMI Award 2003.

Meskipun kini Iwan Fals belum mengeluarkan karya-karya terbarunya lagi, tapi patut diakui bahwa masih banyak karya musik Iwan Fals yang masih enak di dengar hingga saat ini. Di bawah ini adalah lagu-lagu pilihan Berkabar.ID milik Iwan Fals.

1. Sarjana Muda 

Lagu yang dirilis pada tahun 1981 ini mengisahkan bagaimana seorang sarjana yang telah berusaha untuk memperoleh gelar yang diidam-idamkan selama empat tahun lebih, justru harus menjadi pengangguran. Lagu ini secara tekstual juga menyimpulkan bahwa ijazah seorang sarjana tidak menjadi jaminan seseorang untuk meraih cita-cita yang diinginkanya. 

2. Surat Untuk Wakil Rakyat

Tentu lagu ini adalah sebuah sindiran para wakil rakyat yang berada di DPR agar memperbaiki kinerja mereka. Bahkan di dalam lagu tersebut menyindir keras para wakil rakyat yang selalu tertidur saat sidang sampai-sampai lupa dengan janji kampanyenya. Lagu ini bahkan masih relevan dengan kondisi politik di Indonesia saat ini.

3. Tikus-Tikus Kantor

Lagu ini juga menyindir para koruptor. Kasus korupsi memang terus melanda negeri ini. Bahkan orang pun muak dengan berita-berita yang tak kunjung padam perkara kasus dugaan suap, korupsi dan nguntit-menguntit duit rakyat. Lagu berjudul ‘Tikus-tikus Kantor’ seolah menjadi gambaran nyata dan tak pernah lekang ditelan oleh zaman.

4. Bento

Lagu ini bisa disebut lagu yang amat melekat pada sosok Iwan Fals. Bento diciptakan Iwan dan Naniel. Liriknya tentang seorang pengusaha serakah dan korup. Bisnisnya “menjagal apa saja” asal dia senang dan persetan dengan orang susah.