Advent Bangun (bos-ringo.blogspot.co.id)
Berempat.com

Berkabar.ID – Di era tahun 80-an, aktor laga ini sangat dikenal masyarakat Indonesia. Film-filmnya antara lain, Si Buta Lawan Jaka Sembung, Golok Setan, Mawar Berbisa, Si Buta Dari Gua Hantu, dan masih banyal lagi. Dia bernama Thomas Advent Perangin-angin Bangun atau lebih dikenal dengan Advent Bangun. Sosok kekar ini namanya sejajar dengn artis laga lainnya seperti Barry Prima, George Rudy maupun Ratno Timoer.

Lama tidak terdengar namanya, ternyata Advent mengalami hal yang menyedihkan. Kini kabarnya ia sedang dirawat karena mengalami gagal ginjal. Dia sudah lama menjalankan prosedur cuci darah sebanyak dua kali setiap minggu sejak April 2017.

Kondisi Advent Bangun Terkini (Twitter: @JeffSondakh)

Kondisi memprihatinkan inilah yang membuat rekan-rekan mereka terenyuh dan menyambangi ke tempat Adven dirawat. Ki Kusumo dan tiga orang dari Komunitas Aktor Laga, yaitu Slan Tjakra, Herdi Khiladi dan Lella Anggraini mendatangi Rumah Sakit (RS) Fatmawati untuk menjenguk rekan sejawat mereka tersebut.

Menurut Ki Kusumo, kondisi Advent sedang tidak stabil sehingga tidak bisa dijenguk oleh sembarang orang. “Jadi memang kondisinya sangat tidak stabil. Tadi kita ngobrol sama keluarganya, keluarganya sendiri saja enggak bisa masuk. Jadi hanya bisa sampai ruang depan saja, enggak bisa ke dalam,” ungkap Ki Kusumo, Kamis (18/1).

Istri Advent, Lois Silulingga malas memberikan keterangan mengenai kondisi terkini sang suami. Dia mengaku trauma atas pemberitaan media yang terlalu banyak beredar mengenai kondisi Advent Bangun.

Pada saat itu, pernah beredar berita di pesan singkat yang menginfokan jika saat itu Advent Bangun membutuhkan donor darah bergolongan O. Padahal hal itu tidak benar. Lois pun mengatakan bahwa suaminya tidak membutuhkan donor darah lagi.

Di hari yang sama, aktor Willy Dozan pun mengunjungi Advent. Beruntung, saat itu Willy bisa menemui Advent ke dalam ruangan rawat inapnya.

“Ya melotot saja, diam dua tiga detik kemudian keluar air mata dia. Ketemu dengan Bang Advent keadaannya dari kritis sudah mulai membaik. Donor darah O dari seseorang sudah ditranfusi ya. Bang Advent ini sakit sudah cukup lama ya, sempat gejala stroke sampai pakai kursi roda sudah mulai membaik. Nah, ini baru ini kan terkena ginjalnya ya. Jadi ya agak komplikasi jadinya,” ucap Willy di Rumah Sakit Fatmawati, Jakarta Selatan, Kamis (18/1).

Dikabarkan, dalam waktu dekat ini Ki Kusumo dan rekan sesama aktor laga yang tergabung dalam komunitas berencana untuk mengadakan penggalangan dana sebagai bentuk solidaritas atas apa yang kini menimpa Advent Bangun.

Berempat.com