Berempat.com

Seorang professor etnomusikolog asal Amerika, Jeremy Wallach yang pernah melakukan penelitian terhadap musi dangdut Indonesia pada tahun 1997-2001, mengaku memiliki sejumlah penyanyi dangdut favorit asal Indonesia.

Saat ini Jeremy tengah sibuk menyiapkan penerbitan bukunya berjudul Modern Noise, Fluid Genres: Popular Music in Indonesia, 1997-2001 dalam bahasa Indonesia.

Penasaran, siapa saja penyanyi dangdut Indonesia yang menjadi favorit Jeremy? Berikut daftarnya.

1. Manis Manja

Group vokal dangdut perempuan ini terbentuk pada tahun 1992. Personelnya terdiri dari Ine Synthia, Yulia Citra, Kitty Nurbaiti, Murni, dan Lilis Karlina.

Lagu-lagu andalan group ini antara lain Hanya Cinta yang Kupunya, Jodoh, dan Manis Manja. Group ini pernah mendapat penghargaan untuk Duo, Group/Kolaborasi Dangdut Terbaik pada Anugerah Musik Indonesia (AMI) Awards.

2. Elvy Sukaesih

Siapa yang tak kenal penyanyi dangdut legendaris Indonesia yang dijuluki “Ratu Dangdut” ini. Ya, penyanyi bernama asli Else Sukaesih lahir di Jakarta pada 25 Juni 1951.

Kariernya  menanjak sekitar awal tahun 1970an ketika menjadi penyanyi pendamping Rhoma Irama pada grup musik Orkes Melayu Soneta. Lagu-lagu andalannya antara lain, Mandi Madu, Gula-Gula, dan Colak-Colek.

3.  Asep Irama

Penyanyi dangdut pria tuna netra ini terkenal pada dekade 1990an. Ciri khasnya berupa kaca mata hitam yang tak pernah luput dari wajahnya dan joget kanan-kirinya yang khas. Lagu-lagu andalannya antara lain, Jalanan, Cerita Cinta, Nada Dakwah, dan Orang Ketiga.

4.      Meggy Z

Nama asli penyanyi ini Meggy Zakaria. Lahir pada 24 Agustus 1945 di Jakarta. Beliau pernah mendapatkan penghargaan sebagai Penyanyi Rekaman Dangdut Terbaik pada ajang Anugerah Dangdut TPi pada tahun 1997.

Penyanyi dangdut senior itu wafat pada pada 21 oktober 2009 di RS MArgonda Depok dan dimakamkan di TPU Cilangkap.

Meski telah wafat, namun lagu-lagu yang dipopulerkannya seperti Benang Biru, Senyum Membawa Luka, Anggur Merah, dan Jatuh Bangun tidak bisa dilupakan begitu saja.

5. Lilis Karlina

Namanya beken berkat lagu Goyang Karawang, Sinden Jaipong, dan Siapa Kau. Lilis dulu merupakan mantan personel dari Manis Manja.

Penyanyi yang lahir pada 5 oktober 1974 di Subang, Jawa Barat ini beberapa kali mendapat penghargaan seperti Penyanyi Dangdut Terbaik Wanita untuk lagu Bulan Separuh, Sauling Emas untuk lagu Cinta Terisolasi, serta video Clip menempuh MTV Pertama untuk lagu Selebor

6. Evie Tamala

Llahir di Tasikmalaya tanggal 23 Juni 1969, penyanyi ini mengawali kariernya pada tahun 1980an sebagai penyanyi panggung dan tergabung dalam sebuah grup orkes melayu Sinar Remaja.

Wanita bernama asli Cucu Suryaningsih ini dikenal dengan lagu-lagu yang dipopulerkannya seperti Selamat Malam, Cinta Ketok Magic, dan Dokter Cinta.

Berempat.com