Berempat.com

Berkabar.id – Aminah Cendrakasih sudah lama terbaring sakit akibat glukoma yang menyerang matanya hingga buta. Namun, saat pemeran Mak Nyak itu diminta kembali syuting Si Doel Anak Sekolahan, ia sampai lupa dengan sakitnya dan semangat berakting.

“Ternyata, Nyak begitu dia syuting semangatnya naik. Saya minta maaf ya, kenapa tiba-tiba saya minta tolong mereka (kru) karena saya lihat kondisi Nyak sudah sangat drop,” ujar Rano saat ditemui di kediamannya di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (29/10).

Karena kondisi Aminah yang sudah lemah, Rano meminta para kru untuk lebih dulu mengambil adegan Mak Nyak, bahkan Aminah hanya diberi sedikit dialog. Namun, yang terjadi sungguh di luar dugaan.

“Bayangkan, dalam waktu 3 hari saya kumpulkan semua kru yang masih terlibat di tempat lain, saya minta tolong bikin set. Waktu itu saya sedang syuting dengan Falcon, saya miunta satu hari untuk syuting ini. Saya ingin menduluin Nyak,” tuturnya.

“Tapi begitu waktu syuting, waduh semangatnya malah naik. Saya juga kaget, Nyak sudah buta, enggak bisa baca skenario, jadi dikasih tahu (dialognya), tapi begitu syuting, hafal dan kayak enggak ada apa-apa. Waduh, kalau tahu gitu kasih dialog panjang,” sambungnya.

 

Lantas, bagaimana dengan kondisi kesehatan Aminah saat ini?

“Kesehatan Nyak, kemarin kenapa saya harus terpaksa syuting bikin set di depan rumah dia, Nyak enggak bisa lagi dibawa jauh. Tadi saya mau bikin di studio, cuma Nyak dibopongnya enggak bisa. Dia sudah, ya maaf, matanya setiap hari harus diobati kan karena glukoma, jadi air mata sudah enggak ada. Tapi saya tahu kalau dia sedih,” tandas Rano.

Berempat.com