Iqbal dan Vanesha - (kapanlagi)

Berkabar.ID – Belakangan ini film Dilan 1990 yang bertema kisah cinta romansa anak SMA behasil menjadi film paling laris di awal 2018 ini. Bahkan, belum genap sebulan film romantis antara Dilan dan Milea tersebut berhasil merengkuh lima juta penonton.

Menurut penghitungan filmindonesia.or.id, Dilan 1990 berhasil mengalahkan Pengabdi Setan pada 2017 lalu dengan perolehan 4,2 juta penonton. Namun, jika durutkan dari tahun 2008, Film Warkop DKI Reborn masih menjadi pemuncak tertinggi perolehan penonton dengan angka 6,8 juta penonton.

Paling Laris Awal Tahun

Pemeran Dilan dan Milea – (futureposting.net)

Dengan suksesnya film tersebut menjadikan Dilan menjadi film paling laris di awal tahun 2018. Bahkan Ody Hidayat selaku produser mangkui bahwa film yang diadaptasi dari novel karya Pidi Baiq ini merupakan film terlaris yang pernah dibuatnya bersama Max Pictures. Bahkan ia tak segan membandingkan pencapaian film Dilan 1990 dengan film yang pernah digarap sebelumnya.

“Dari semua film Max Pictures ini (Dilan) paling laris. Kemarin cuma capai satu juta penonton, yaitu film Bulan Terbelah di Langit Amerika,” ungkap Ody kepada wartawan di Jakarta, Minggu (11/2).

Secara matematika, berkat film Dilan 1990 ini Max Picture berhasil mendapatkan untung hingga Rp 60 miliar dari modal awal sebesar Rp 15 miliar untuk memproduksi film tersebut. Namun, angka tersebut belum termasuk dengan porsi biaya promosi yang lebih banyak daripada biaya produksi.

Berencana Membuat Sekuel

Novel Dilan. (IST/tabloidbintang.com)

Keberhasilan film Dilan 1990 ini pun membuat sang produser, Ody Mulya Hidayat, ingin kembali memproduksi film kelanjutannya, yakni Dilan 1991. Hal itu sejalan dengan Novel Dilan yang ditulis oleh Pidi Baiq. Proses produksinya sendiri diperkirakan dimulai pada Juli 2018 mendatang.

Namun, kesuksesan film Dilan 1990 ini membuat Ody merasa harus lebih berhati-hati dalam menggarap sekuelnya kelanjutannya. Pasalnya, bukan tak mungkin ekspektasi penonton akan lebih besar mengingat film Dilan 1990 telah berhasil memikat penikmat film Tanah Air. Ody pun mengatakan bahwa pihaknya bakal mengeluarkan dana yang cukup besar dari produksi sebelumnya.