Vigoun - (Instagram)
Berempat.com

Berkabar.ID – Keinginan menjadi pribadi yang lebih baik tentu ada di dalam diri semua insan. Termasuk mendekatkan diri kepada sang Pencipta, Allah SWT atau yang kini lebih dikenal dengan istilah hijrah. Hidayah pun datang tanpa dinyana dan bisa kepada siapa saja, termasuk ke para musisi.

Banyak musisi Indonesia yang memilih meninggalkan dunia musik dan serius mendalami agama Islam. Sebagian dari mereka menganggap musik sebenarnya tak sesuai dengan syariat agama dan sangat percaya musik bisa menimbulkan tindakan buruk bagi mereka yang melakukannya. Maka dari itu, mereka yang percaya ‘musik itu haram’ mantap meninggalkannya secara total.

Mulanya, keputusan mereka sempat mendapat pro dan kontra dari kalangan fans. Jalan yang dilalui pun bisa berliku dan terkadang harus mengorbankan sesuatu yang paling kita cintai. Namun, hal itu tak membuat mereka mundur.

Berikut Berkabar.id merangkum empat musisi yang telah memutuskan untuk hijrah.

  1. Reza Noah
Reza Noah – (Tribun)

Ilsyah Ryan Reza atau akrab disapa Reza memutuskan hengkang dari ‘Noah’ sejak 1 Januari 2015. Semua berawal dari ajakan seorang temannya untuk iktikaf di masjid selama tiga hari, teman itu tidak lain adalah Lukman, pembetot bass Noah. Pada tahun 2010-2011, ia diajak Lukman silaturahim ke teman-teman lainnya di masjid yang sedang mengadakan kegiatan iktikaf. Menurut Reza, pengalaman ini adalah suatu hal yang baru baginya.

Dari situ Reza mulai mempelajari beberapa hadist, membaca dan memahami arti dari ayat-ayat Al-Qur’an. Sebelum kemudian dengan mantap ia pun memutuskan meninggalkan dunia musik.

  1. Sakti ‘Sheila on 7’
Sakti (Kapanlagi)

Sosok musisi Sakti Ari Seno atau yang dulu dikenal dengan nama Sakti sudah jarang terlihat tampil di TV sejak memutuskan hengkang dari grup band Sheila On 7 pada tahun 2006 silam.

Tak hanya keluar dari Sheila on 7, Sakti juga merubah namanya menjadi Salman Al Jugjawy yang berarti Salman dari Jogja. Kini, ia aktif berdakwah dan mengubah total penampilannya. Tak lagi berpenampilan ala anak band, Sakti yang sekarang identik dengan jubah dan jenggot panjangnya.

Salman kini membuat toko busana dan aksesori muslim yang ia beri julukan ‘Distro Akhir Zaman’ bernama aljugjawy.co. Sedangkan bisnisnya yang kedua adalah toko buku online bernama Salmanlibrary. Kedua bisnisnya itu dia kelola sendiri dari rumahnya di Jogja dan sangat aktif melakukan promo di media sosial Instagram.

  1. Berry ‘Saint Loco’
Berry (Detik)

Nama Berry sempat mewarnai headline media di tahun 2013 silam karena peristiwa tak menyenangkan. Wajah Berry disiram air keras oleh orang tak bertanggung jawab hingga harus menderita luka bakar stadium 2.

Dua tahun berselang, diketahui Barry mulai memeluk Islam, tepatnya sejak 20 Maret 2015 silam. Sejak menjadi mualaf, nama Barry pun berubah menjadi Muhammad Beery Al Fatah. Ketertarikan Berry dengan Islam diawali ketika dirinya mempedalam tentang zikir.

  1. Virgoun
Vigoun – (Instagram)

Mantan vokalis Last Child, Virgoun, telah memeluk agama Islam sejak empat tahun lalu. Dan belakangan, Virgoun bertekad untuk hijrah, ia terus menerus memperbaiki diri menjadi muslim yang taat pada tuntunan agama yang dianutnya.

Virgoun mengisahkan awal mula dirinya memeluk agama Islam. Awalnya, dia kerap ngobrol-ngobrol tentang agama dengan kakak dari istrinya. Hingga pada suatu ketika, Virgoun ditantang untuk membaca terjemahan Al-Qur’an.

Dia pun terima tantangan itu sehingga lembar demi lembar terjemahan dia baca. Tapi, baru lembar ke lima terjemahan dia sudah menangkap isi dari Al-Qur’an. Virgoun makin tertarik dan terus belajar tentang Islam.

Meskipun belum sepenuhnya berubah, tetapi untuk memupuk kadar keimanannya ia juga sering mengikuti acara keagamaan. Virgoun juga berusaha untuk konsisten menjalankan kewajibannya sebagai seorang muslim.

Berempat.com