Al Ghozali Youtube Liputan6
Berempat.com

Pasca dikabarkan pingsan saat berkendara di kawasan Condet, Jakarta Selatan, Rabu (19/9) putra sulung Ahmad Dhani, Al Ghozali dikabarkan menderita Stevens Johnson Syndrome. Hal ini diungkap mantan suami Naya Estianti ini  kepada wartawan yang mengatakan Al mengalami alergi obat. Menurut Dhani, Al dalam kondisi tidak sehat saat memaksakan diri membawa mobil, lalu pingsan dalam perjalanan.

“Ya sebenernya dia pergi dalam kondisi tidak sehat, dia lagi sakit, sakitnya itu alergi obat. Saya selalu bilang sama Al untuk fokus sama penyakit itu karena penyakit itu kalau tidak di perhatikan bisa menjurus kepada yang namanya Steven Johnson Syndrome,” kata Dhani.

Stevens Johnson Syndrome merupakan gangguan langka yang menyerang kulit dan membran mukosa, yang ditandai antara lain dengan kulit mengelupas. Gangguan ini merupakan reaksi terhadap obat atau infeksi. Biasanya dimulai dengan gejala mirip flu, diikuti ruam merah atau keunguan, melepuh dan menyebar. Lapisan paling atas dari kulit yang terdampak akan mati, mengelupas, lalu sembuh sendiri.

Stevens-Johnson Syndrome paling banyak dipicu oleh penggunaan obat, meski pada sebagian orang bisa juga dipicu oleh infeksi kuman tertentu. Namun kadang-kadang, penyebab pastinya tidak selalu bisa dipastikan sehingga sulit untuk dicegah.

Beberapa jenis obat yang bisa memicu Stevens Johnson Syndrome antara lain anti-asam urat, seperti allopurinol. Obat-obatan antikejang dan antipsikosis juga bisa bisa meningkatkan risiko, demikian juga dengan pereda nyeri seperti asetaminofen dan ibuprofen.

Pertolongan pertama untuk mengatasi alergi obat pada Stevens-Johnson Syndrome adalah menghentikan konsumsi obat yang memicu alergi. Selanjutnya adalah memberikan obat antialergi (antihistamin) untuk meredakan gejala, atau kortikosteroid jika gejalanya cukup parah.

Terapi penunjang yang diberikan di rumah sakit meliputi rehidrasi atau penggantian cairan tubuh yang hilang dengan menggunakan infus. Jika terjadi luka, lapisan kulit mati harus dibersihkan kemudian lukanya ditutup dengan perban supaya tidak terjadi infeksi.

Berempat.com