Foto : Instagram rinaldyyunardi
Berempat.com

Bermula dari keisengannya bereksperimen membuat aksesoris di pabrik milik kakaknya. Dari sanalah terlahir “Tiara” yakni bisnis fashion accessory berupa mahkota yang dibuat handmade dengan ketelitian tingkat tinggi dan bertabur berlian.

Berkat karya-karyanya yang mendunia, Rinaldy kini menjadi langganan selebritas tanah air hingga mancanegara.

Salah satu karya Rinaldy berupa tiara alias mahkota yang dihiasi 7.640 butir berlian. Mahkota tersebut dipakai pemenang ajang kontes kecantikan Miss Grand Indonesia 2018.

Desainer yang akrab disapa Koh Yum Yum ini mempersembahkan karya Passion Jewelry yang terdiri dari 7.640 butir berlian, 1 butir ruby dan emas 71 karat yang nilainya mencapai Rp 3 miliar.

Sorot mata dunia juga tertuju pada mahkota di atas kepala musisi pop dunia, Madona yang memakai tiara karya Rinaldy dalam acara Met Gala 2018.

Begitu juga dengan headpiece berupa mutiara yang dibentuk mengikuti rambut penyanyi Nicky Minaj di panggung MTV Video Music Awards (VMAS) 2018.

Selain kedua penyanyi dunia tersebut, karya-karya Rinaldy juga dipakai Lady Gaga, Taylor Swift, Gal Gadot, Mariah Carey, Ketty Parry, Kyllie Jennar, Mumo Chou, Zoe Saldana, Anggun, Syahrini, Sandra Dewi, Chelsea Olivia, dan masih banyak lagi.

Meski karyanya banyak dipakai selebritas papan atas dunia tak lantas membuat pria ramah ini jumawa. Rinaldy yang mulai merintis karir sebagai fashion accessory sejak 1996 mengatakan 23 tahun berkiprah di dunia fashion khususnya fashion accessory bukanlah perjalanan singkat.

Darah bisnis yang diturunkan dari sang papa ini membuatnya konsisten di saat fashion era tahun 1995-1996 belum berkembang seperti saat ini.

“Kebetulan dulu Papa pengusaha tas dan saya bersyukur bisa bertahan karena seiring berjalannya waktu, desainer ada yang tetap eksis dan berhasil ada juga yang tidak,” ujarnya.

Hal yang membuat Rinaldy bertahan adalah kecintaan akan karya-karya yang telah dihasilkannya.

“Semua hasil karya saya anggap sebagai anak-anak saya,” tambahnya.

Agar terus menghasilkan karya fashion accessory yang menarik perhatian dunia internaisonal itu, Rinaldy selalu menggali, mengeksplorasi, mengembangkan serta melakukan berbagai terobosan dan inovasi baru.

“Hal ini sudah menjadi rutinitas saya dan staf saya sehingga akan muncul hasil-hasil karya baru, muncul teknik baru yang kita kembangkan dari teknik lama yang dikreasikan kembali,” paparnya.

Setiap menghasilkan karya-karya fashion yang memukau, Rinaldy mengatakan banyak hal yang kerap menjadi ide-ide yang bisa dikembangkan.

Maklum pria yang telah mendedikasikan hidupnya untuk menghasilkan karya-karya fashion accessory ini mengatakan kerap mendapat ide saat ngobrol dengan tamu mulai dari sepatu, tas, pakaian hingga rumah bisa dijadikan ide menghasilkan karya fashion accessory teranyar.

“Bagi saya Indonesia sangat kaya akan inspirasi dan budaya yang indah yang bisa dieksplorasi. Kalau mentok saya ngobrol dengan staf saya membedah karya-karya lama yang kita sempurnakan, mengembangkan teknik-teknik lama sehingga hasilkan karya baru. Tapi kalau mentok-mentok banget ya tidur,” tukasnya tertawa.

Selain banyak karya fashion accessory Rinaldy dipakai selebritas Hollywood, beberapa juga kerap menyabet penghargaan internasional.

“Saya pernah buat kreasi 2 produk. keduanya juara 1 di kategorinya masing-masing. Salah satunya jaura umum dunia,” bebernya.

Kiprahnya yang sudah mendunia menjadikan kiblat fashion bukan hanya desainer dalam meniru tren fashion luar negeri. Menurutnya masing-masing Negara punya tren masing-masing.

“Sekarang banyak desainer luar melihat-lihat karya-karya fashion anak dalam negeri,” imbuhnya.

Dari setiap produk fashion accessory yang dihasilkan, Rinaldy selalu menggabungkan nuansa klasik dan modern serta mengutamakan kedetilan.

“Ya saya sangat detil, sehingga satu produk bisa dibuat dalam satu hari bahkan berbulan-bulan,” ujarnya.

Ke depan spesialis fashion accessory ini masih menjalankan rutinitasnya di kancah internasional, kontrak dengan program TV mancanegara, terlibat dalam ajang fashion show dalam dan luar negeri serta terus menghadirkan produk yang dipesan banyak selebritas mancanegara.

Sebagai senior designer yang telah melanglang dunia, ia berpesan pada para junior yang sedang merintis bisnis maupun karir di industri fashion. Menurutnya jangan pernah berpikir instan, dan harus mau melalui prosesnya.

“Carilah jati diri, cintai benar profesi yang ditekuni dan jadilah diri sendiri,” pungkasnya.

Berempat.com