Berempat.com

Pada pameran Indonesia Business and Development Expo (IBD Expo) 2017 di Jakarta Convention Center (JCC) pada 20-23 September, PT Pertamina (Persero) mempromosikan BBM satu harga dalam rangka memberikan kontribusi bagi negeri.

Dengan program BBM Satu Harga, Pertamina tidak lagi berpikir profit, namun berupaya menyatukan Indonesia yang terdiri atas ribuan pulau.

“BUMN-BUMN harus bersinergi untuk kemajuan negeri. BBM satu harga ini bentuk sinergi Pertamina untuk negeri,” kata Vice President Corporate Communication Pertamina Adiatma Sardjito dalam rilisnya, Jakarta, Jumat (22/9/2017).

Pada IBD Expo kali ini, pertamina menggelar talkshow Sinergi untuk Indonesia dengan menghadirkan Maudy Ayunda dan Staf Khusus Kementerian BUMN Devy Suradji. Pertamina juga mengajak UMKM binaannya untuk mempromisikan produk mereka.

Adiatma memaparkan berbagai varian produk Pertamina dan bagaimana mendistribusikan produk-produk tersebut ke seluruh negeri. Termasuk tantangan meningkatkan kapasitas produksi melalui ekspansi dan inovasi yang dilakukan ke luar negeri melalui anak usaha PT Pertamina International (PIEP).

” Pertamina memiliki sekurang-kurangnya sembilan aset baru di luar negeri. Di antaranya di Aljazair, Iraq, Malaysia, Myanmar, Perancis, Italia, Amerika, Kanada, dan Kolombia. Di Afrika ada di di Namibia, Tanzania, Nigeria, serta Gabon,” jelasnya.

Sistem distribusi dalam negeri Pertamina, merupakan hal paling kompleks dan besar di dunia. Hal itu mengingat secara geografi wilayah Indonesia sangat besar dan terdiri dari ribuan pulau.

“Sekurangnya Indonesia terdiri dari 17 ribu pulau, dan Pertamina hadir di seluruh wilayah Indonesia dengan jarak ribuan kilometer,” tambah Adiatma.

Pada pameran yang diselenggarakan Kementerian BUMN bersama klaster media BUMN yang tergabung dalam National Publishing and News Corporation (NPNC) tersebut, Pertamina juga membuka akses lowongan kerja bagi anak-anak bangsa yang ingin berkarya di perusahaan nasional berkelas internasional.

Sementara Devy Suradji mengungkapkan, BUMN membuka kesempatan kepada anak-anak bangsa untuk bergabung dan berkarya di perusahaan BUMN. Menurutnya, Pertamina merupakan salah satu BUMN andal dan memainkan peran tidak hanya di dalam negeri namun juga internasional.

“Karena itu, BUMN mengundang anak-anak bangsa terbaik untuk memberi kontribusi. BUMN bukan hanya Pertamina namun banyak juga BUMN andal yang mampu memainkan peran besar. Mereka (BUMN) membuka pendaftaran kepada anak-anak bangsa yang berminat berkarya di BUMN. Para pendaftar tentu melalui tes sesuai mekanisme yang berlaku,” tutur Devy.

Berempat.com