Berempat.com

Dua ekor anak rusa totol berusia tiga bulan mati dimangsa oleh anjing liar di Taman Uncal Pemkab Bandung, Soreang, Kabupaten Bandung.

“Dua anak rusa itu mati digigit oleh anjing liar,” kata Euis Rihayani, Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masayarakat Veteriner saat dihubungi lewat telepon, Kamis (5/10/2017).

Eui menuturkan, kejadian itu terjadi pada Minggu (1/10/2017) malam dan pihaknya baru mendapat kabar tersebut, Senin (2/10) oleh penjaga kandang.

“Kami melihat bekas-bekasnya saja ada gigitan di badannya dan bekas tempat bergumul antara anjing dan rusa itu,” ungkapnya.

Ia tidak mengetahui percis bagaimana anjing liar tersebut bisa masuk ke kandang rusa. Pasalnya, kandang tersebut dikelilingi oleh pagar besi setinggi dua meter setengah.

“(Diduga) masuknya ke dalam kandang dengan cara menggali tanah di bawah pagar, soalnya setelah dicari ada lubang sedikit di bawah pagar,” tuturnya.

Kedua anak rusa totol itu langsung dikubur dikawasan kandang rusa, sedangkan anjing liar tersebut langsung dimusnahkan dengan diberi umpan racun.

Sebelumnya, tambah Euis, rusa jantan yang sudah berumur tua di taman tersebut mati akibat bertarung dengan rusa lainnya. “Seekor rusa jantan yang sudah tua mati, badannya kena tusuk tanduk rusa lain,” tambahnya.

Kini jumlah rusa totol kiriman dari Istana Bogor pada tahun 2012 lalu tinggal berjumlah 17 ekor dari 20 ekor. “Dari total 20 ekor rusa sekarang tinggal 17 ekor lagi,” pungkasnya.

Berempat.com