sumber: istimewa

Berkabar.ID – Pemerintah berencana mengubah struktur gaji Pegawa Negeri Sipil (PNS) saat ini. Hal itu lantaran struktur gaji PNS saat ini dinilai tidak seimbang karena tunjangan kinerja (tukin) lebih besar dari gaji pokok yang diperoleh, sehingga dengan mengubah struktur diharapkan akan meningkatkan kesejahteraan PNS.

Saat ditanya mengenai rencana ini, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengatakan, dirinya belum memuat keputusan untuk mengubah struktur gaji PNS. Ia mengatakan masih akan membahas hal ini bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di sidang Kabinet.

“Saya belum bisa membicarakan mengenai hal itu tapi pemikiran mengenai (struktur gaji PNS) bersama Menteri PAN-RB akan disampaikan di sidang kabinet,” ungkapnya di Djakarta Theater, Rabu (10/1).

Menkeu menuturkan, ia juga akan membahas secara keseluruhan hingga sistem gaji pensiun yang akan diubah. Hal ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN).  Sri berharap rencana tersebut dapat terealisasi  tahun ini. Dengan demikian kesejahteraan para PNS dan pensiunan bisa lebih cepat dilakukan.

“Bukan hanya struktur gaji saja tapi keseluruhan sampai dengan pensiunnya kita harapkan bisa diubah atau direformasi sehingga bisa menimbulkan suatu kondisi bagi ASN kita untuk bisa bekerja secara baik, profesional, namun juga sesuai dengan kemampuan negara. Insya Allah (tahun ini),” jelasnya.

Berdasarkan keterangan yang diberikan Menteri Keuangan Sri Mulyani, komposisi gaji PNS terdiri dari gaji pokok dan tunjangan kinerja, serta kemahalan daerah. Saat ini, komposisi tunjangan lebih besar dari gaji pokok. Sehingga ke depannya, pemerintah akan mengubah komposisi tersebut karena gaji pokok berkaitan dengan jaminan sosial.

Beda Sistem Upah Lama dan Baru

ilustrasi
sumber: istimewa

Seperti diterangkan oleh Salman Sijabat selaku Asisten Deputi Kesejahteraan SDM Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), dikatakan bahwa perbedaan pengupahan ini terletak pada porsi upah.

Saat ini gaji pokok PNS lebih kecil dibandingkan dengan porsi tunjangan PNS. Maka dari itu, pemerintah akan menaikan porsi gaji pokok dalam sistem pengupahan PNS.  Porsi gaji pokok akan dinaikan guna meningkatkan kesejahteraan PNS. Khususnya ketika memasuki masa pensiun.

Tingkat Kemahalan Daerah

sumber: pinterest

Pemerinah mempertimbangkan untuk memasukan tingkat kemahalan daerah. Hal ini berbeda dengan sistem pengupahan PNS yang ada saat ini. Seperti diketahui setiap daerah memiliki tingkat kemahalan tersendiri dalam ekonomi seperti harga bahan pokok dan lain-lain.