sumber: istimewa

Berkabar.ID – Kasus mogoknya Bus TransJakarta kembali terjadi. Kali ini Bus TransJakarta mengalami gangguan mesin di Halte Cawang Ciliwung, Jalan MT Haryono Jakarta Timur. Bus tersebut berada di jalur Halim menuju Cawang.

Insiden ini pun dibenarkan Petugas TMC Polda Metro Jakara, Brigadir Seno. “Iya benar ada bus TransJakarta mogok di halte Cawang Ciliwung. Saat ini masih penanganan,” terang Seno, Kamis (11/1/2018) sekitar pukul 08.00 WIB.

Ini bukan kali pertama Bus TransJakarta mengalami masalah dan mogok yang mengakibatkan tersendatnya lalulintas. Tercatat beberapa kali Bus TransJakarta mogok di tahun-tahun sebelumnya.

Tahun 2012

sumber: istimewa

Badan Layanan Umum (BLU) Transjakarta mengungkapkan selama Januari 2012 terdapat 74 busway mogok di tengah perjalanan. Humas BLU, Sri Ulina mengatakan ada berbagai penyebab bus mogok, sebagian besar diakibatkan gangguan mesin.

Ulina mengungkapkan 14 bus mogok karena mesin mati, kemudian mesin panas sebanyak 12 bus, ban kempis ada 15 bus, gangguan radiator 23 bus, akibat belt kipas empat bus, dan lain-lain sebanyak enam bus.

Padahal menurut dia pemeliharaan telah dilakukan secara maksimal serta pengawasan yang ketat. “Operator secara maksimal melakukan pemeliharaan terhadap armada-armadanya. Kami pun selalu melakukan pengawasan rutin,” kata Ulina.

Tahun 2014

dua bus yang mogok
sumber: istimewa

Dua Bus Transjakarta Mogok pada 3 November 2014. Pertama mogok di Halte Mangga Besar. Mengutip akun TMCPoldaMetro, bus masih terhenti di halte yang dilalui bus Koridor 1 rute Kota-Blok M, karena menunggu teknisi datang.

Bus kedua mogok berselang 20 menit kemudian. Kali ini terjadi di Koridor 6 yang menghubungkan Dukuh Atas-Ragunan. Informasi ini diketahui dari cuitan netizen yang diteruskan ke akun TMCPoldaMetro. “Bus Transjakarta mogok di Jatipadang Ragunan, arah Mampang,” cuit @yosefadli5 pada pukul 06.53.

Tahun 2015

sumber: viva

Bus Transjakarta mogok di kawasan Manggarai, Jakarta, Jumat (13/3) 2015. Bus Transjakarta jurusan kampung Dukuh – Pulogadung dengan kode BMP 103 itu mogok saat melintasi tanjakan.

Tahun 2016

sumber: istimewa

Pada 29 januari 2016, bus transjakarta juga mogok di Jembatan Kuningan (Rasuna Said) arah menteng.Mogoknya Bus Transjakarta ini membuat lalu lintas di Jembatan tersebut tersendat. Sampai berita ini diturunkan belum ada tindakan yang dilakukan mengatasi mogok tersebut.