sumber: DREAMSTIME

Berkabar.ID – Korupsi memang selalu menjadi momok yang paling diperangi oleh banyak negara. Tapi ironisnya, kasus korupsi di banyak negara justru masih merajalela. Beberapa negara Asia bahkan telah bereputasi buruk akibat beberapa kasus korupsi besar. Tak terkecuali Indonesia dengan kasus yang paling baru: Megakorupsi e-KTP.

Tapi apakah Indonesia termasuk negara yang paling korup di Asia? Jawabannya ada pada hasil survei  yang telah dilakukan oleh lembaga internasional Transparency International. Survei yang dilakukan selama 18 bulan ini berdasarkan dari pengumpulan data di 16 negara melalui metode wawancara terhadap 20 ribu orang responden.

  1. Myanmar: Tingkat Korupsi 40%
Warga Rohingya (Istimewa)

Di peringkat kelima sebagai negara paling korup di Asia ditempati oleh Myanmar. Padahal negara ini sudah memberlakukan hukum antikorupsi pada 2013. Namun nyatanya hal itu tak membawa efek penekanan pada kasus korupsi di negara tersebut. Sebagian besar responden maish percaya bahwa semua polisi dan 40% dari anggota kabinet negara ini melakukan aksi korupsi.

  1. Pakistan: Tingkat Korupsi 40%
Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi meninjau penjaga kehormatan di Islamabad, Pakistan, 3 Agustus 2017. (REUTERS/Caren Firouz Reuters)

Di peringkat keempat sebagai negara paling korup di Asia ditempati oleh Pakistan dengan nilai tingkat suap sekitar 40%. Dan Pakistan sepertinya memiliki reputasi amat buruk pada aparat kepolisiannya. Pasalnya, tiga perempat responden di negara ini menganggap semua anggota polisi Pakistan korup. 7 dari 10 responden yang pernah memiliki urusan dengan lembaga kepolisian atau pengadilan harus membayar sogokan.

  1. Thailand: Tingkat Korupsi 41%
Pavilion di Grand Palace, Bangkok, Thailand. (Istimewa)

Di peringkat ketiga sebagai negara paling korup di Asia ditempati oleh Thailand dengan nilai tingkat suap sekitar 41%. Permasalahan korupsi di Thailand diketahui telah merasuk hampir di semua lini instansi negaranya. Walau begitu, masih ada 72% responden yang percaya bahwa pemerintah Thailand serius dalam memberantas korupsi.

  1. Vietnam: Tingkat Korupsi 65%
Balai kota, Ho Chi Minh, Vietnam (sumber: luxuo.com)

Di peringkat kedua sebagai negara paling korup di Asia ditempati oleh Vietnam dengan nilai tingkat suap sekitar 65%. Sebanyak 60 persen responden di negara ini percaya bahwa pemerintah Vietnam tidak bisa berbuat apa-apa dalam melawan korupsi. Bahkan penduduk Vietnam menjadi salah satu penduduk paling pesimistis untuk percaya bahwa kondisi negaranya bisa lebih baik.

  1. India: Tingkat korupsi 69%
(DREAMSTIME)

Dan India menempati urutan teratas negara paling korup di Asia dengan nilai tingkat suap sekitar 65%. Bisa dibilang korupsi di negara ini amat merajalela. Sogokan atau uang pelicin sudah menjadi hal lumrah di sini. Apalagi bila harus berurusan dengan pemerintahan, bila urusan mau lancar atau dilayani maka penduduk India mesti berikan pelicin.