Menteri Perhubungan Budi Karya sedang mengecek pengujian KIR. (Okezone/Yohana Artha Uly)
Berempat.com

Berkabar.ID – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI memberikan pelayanan uji KIR gratis untuk seluruh angkutan umum, baik itu konvensional maupun online di 10 kota. Menteri perhubungan Budi Karya Sumadi meninjau langsung program uji KIR gratis di Jalan Mushollah, Batu Ceper, Kota Tangerang, Selasa (6/3).

Ditemani Sekda Kota Tangerang Dadi Budaeri dan Kadishub Saeful Rohman, Budi Karya meninjau langsung proses tahapan mulai dari pendaftaran sampai dengan selesai. Ia juga menyempatkan diri berbincang dengan salah satu pengemudi taksi online.

Dalam kesempatan itu, Budi Karya mengucapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang yang telah merelaisasikan uji KIR gratis bagi taksi online dan regional.

“Hari ini (Selasa) kami adakan uji KIR gratis dengan anggarannya dari pemerintah dan CSR,” kata Budi Karya kepada awak media, Selasa (6/3).

Ia mengungkapkan, program uji KIR gratis yang dilakukan pemerintah saat ini merupakan salah satu tujuan nasional dalam meningkatkan kemanan bagi seluruh kendaraan penumpang, baik itu bus, angkutan umum dan lain sebagainya.

Menurutnya, selain mencari nafkah, sopir taksi juga memiliki tugas untuk memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Maka dari itu, pemerintah juga menginginkan kendaraan taksi memenuhi syarat yang telah diatur.

“Kemarin kita sudah berikan layanan SIM subsidi, sekarang uji KIR. Paling tidak akan hadir di 10 kota di antaranya Jakarta, Bandung, Makassar, Medan, Semarang, Denpasar, Pekanbaru, Palembang, Yogyakarta, dan Surabaya,” tuturnya.

1.497 Taksi Online di Jakarta Tak Lolos Uji KIR

Petugas tengah melakukan penomeran taksi online saat uji kir di Kantor Satuan Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor Dishub di Pulogadung, Jakarta, 20 Oktober 2016. (Tempo/Tony Hartawan)

Belasan ribu angkutan umum berbasis online di Jakarta telah melakukan uji KIR gratis yang diinisiasi pemerintah. Hasilnya, dari 18.897 kendaraan sebanyak 1.497 kendaraan dinyatakan tidak lolos uji KIR.

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan, tingkat kepatuhan taksi online di Jakarta dalam hal uji KIR cukup tinggi dan patut diapresiasi. Penilaian tersebut didasari atas jumlah taksi online yang melakukan uji KIR.

“Yang lulus 17.418 kendaraan, yang tidak lulus 1.479 kendaraan. Jumlah yang uji KIR 18.897 kendaraan,” kata Sigit, seperti dkutip Berkabar.ID dari detikcom, Rabu (7/3).

Berempat.com