Gary Cohn penasehat ekonomi Gedung Putih. (REUTERS/Yuri Gripas)
Berempat.com

Berkabar.ID – Penasihat ekonomi Gedung Putih Amerika Serikat (AS), Gary Cohn mengundurkan diri dari jabatannya pada Selasa (6/3) waktu setempat. Pengunduran diri itu diumumkan setelah Presiden AS Donald Trump memutuskan untuk mengenakan tarif impor baja dan alumunium.

Cohn menjabat sebagai penasihat ekonomi utama Presiden Trump sejak awal pemerintahan Trump.

“Merupakan kehormatan untuk melayani negara saya dan memberlakukan kebijakan pro-pertumbuhan ekonomi demi keuntungan rakyat Amerika, khususnya melakukan reformasi pajak yang bersejarah,” kata Cohn dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh Gedung Putih, seperti dikutip dari The Guardian.

Tarif impor itu diumumkan Trump pada 1 Maret lalu. Amerika Serikat berencana mengenakan tarif sebesar 25 persen untuk impor baja dan 10 persen untuk alumunium, karena impor tersebut mengancam kemanan nasional AS.

Sikap Trump yang bersikeras ingin menerapkan kebijakan tersebut memancing spekulasi bahwa Cohn akan meninggalkan Gedung Putih. Pasalnya, ia merupakan seorang ‘globalis’ yang tidak sepakat dengan kebijakan tersebut.

Terkait pengunduran diri Cohn, Trump menguncapkan terimakasih atas berbagai kinerja yang telah dilakukan Cohn selama ini.

“Gary telah menjadi penasihat ekonomi utama saya dan melakukan pekerjaan yang hebat dalam mendorong agenda kami, membantu memberikan potongan pajak dan reformasi bersejarah … Saya berterima kasih atas dedikasinya kepada rakyat Amerika,” ucap Trump.

Tidak hanya kebijakan mengenai impor baja dan milenium saja, Trump juga diketahui telah membuat keputusan keputusan kontroversial di masa pemerintahannya.

  1. Pelarangan masuknya imigran dari tujuh negara muslim.
Presiden AS Donald Trump (Time.com)

Ini merupakan kebijakan pertama Donald Trump yang telah ‘menelan korban’. Tepatnya pada Sabtu (28/1), petugas bandara Kairo, Mesir menahan keberangkatan tujuh warga negara Amerika Serikat (AS) menuju menuju bandara JFK di New York, AS. Pencegahan ni merupakan aksi pertama sejak Donald Trump memberlakukan pembekuan masuknya pengungsi dari tujuh negara mayoritas muslim, yakni, Irak, Suriah, Iran, Sudan, Libya, Somalia dan Yaman.

2. Membangun tembok perbatasan Amerika-Meksiko sepanjang 2.000 mil

Tembok pembatas Amerika-Meksiko. (Reuters)

Presiden Donald Trump kerap mengatakan pemerintahannya akan membangun tembok di perbatasan antara Amerika Serikat dan Meksiko. Hal ini dilakukan dengan alasan untuk mencegah masuknya imigran gelap dan penyelundup narkoba.

3. Membekukan pelayanan sosial dan kesehatan Obamacare

Presiden AS Donald Trump. (AFP)

Usai dilantik pada Jumat (20/1/2017), Trump langsung menjalankan fungsi eksekutifnya, yakni menandatangani perintah eksekutif untuk mengurangi ‘beban’ dari undang-undang kesehatan atau Obamacare. Trump sudah lama menegaskan bahwa dirinya akan membatalkan semua kebijakan pemerintahan Obama, termasuk Obamacare.

Berempat.com