Menteri BUMN Rini Soemarno. (rmolsumsel)
Berempat.com

Berkabar.ID – Saat ini ada 12 BUMN yang mengalami kerugian dan meleset dari target pada 2017 lalu. Melihat hal tersebut, Menteri Badan Usa Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap tidak ada lagi perusahaan pelat merah yang mengalami kerugian tahun ini.

“Tinggal 12 (yang rugi). Tapi harapan saya tahun ini harusnya hilang semua,” ujar Rini di Kantor Kementerian BUMN,┬áJakarta, Minggu (25/3).

Ia juga berharap tahun ini menjadi tahun kebersamaan bagi seluruh BUMN yang ada. Sehingga di tahun depan, tepatnya pada ulang tahun Kementerian BUMN yang ke-21, seluruh BUMN dapat tumbuh tanpa mengalami kerugian dan menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

“Sehingga nanti di tahun depan kita bisa merayakan ulang tahun kita yang ke-21 Kementerian BUMN sudah tumbuh dewasa. Kita betul-betul menjadi keluarga besar yang bahagia dan sejahtera bersama,” imbuhnya.

Utang 2 BUMN yang Jadi Sorotan Rini

Tol Ngawi-Kertosono. (Wisatamadiunraya)

Di antara 12 BUMN yang merugi, Rini Soemarno mengatakan pihaknya tengah mengawasi dua BUMN yang menjadi perhatian dalam hal pengelolaan utangnya, yaitu PT Waskita Karya dan PT Jasa Marga.

“Dua perusahaan karya yang harus diperhatikan yaitu Waskita dan Jasa Marga. Tahun ini kan beberapa ruas sudah jadi, jadi kita sudah menyiapkan RDPT untuk Waskita dan Jasa Marga. Waskita baru saja hari Jumat mendapatkan persetujuan OJK, insya Allah itu akan baik,” ujar Rini.

Namun, Rini menyebut tidak ada yang perlu dikhawatirkan soal utang BUMN karya. Sebab, lanjut Rini, BUMN karya memiliki sikluas keuangan yang berbeda dengan perusahaan pelat merah di bidang lain. Siklus yang dimaksud adalah saat mulai membangun sebuah proyek, kondisi keuangan BUMN karya pasti akan tertekan. Namun setelah proyek rampung, kondisi keuangan akan kembali normal.

“Karya-karya ini kalau investasi, dalam saat investasi keadaan keuangannya sedikit tertekan. Tetapi pada saat investasinya mulai memberikan hasil atau investasi itu selesai terbangun, otomatis akan membaik,” imbuhnya.

Berempat.com