Prabowo Subianto dan Gatot Nurmantyo (Foto: Y14 )
Berempat.com

Berkabar.ID – Nama Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dinilai lebih cocok menjadi pasangan Prabowo Subianto dalam Pilpres 2019 mendatang. Dua nama itu dinilai lebih signifikan mengatrol elektabilitas Prabowo ketimbang Mantan Panglima TNI, Gatot Nurmantyo.

Hal ini diungkap pengamat politik dari  Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC), Djayadi Hanan. Pria yang merupakan Direktur Eksekutif SMRC ini menilai Prabowo dan Gatot memiliki kompisis yang sama dan dinilai tak akan mampu menambah variasi pemilih.

“Dari segi kombinasi pasangan kan milter-militer, Jawa semua juga jadi agak kurang secara konvensional kurang pas pasangan itu, pemilihnya juga sama itu dan dia agak sulit untuk menang jika dikombinasikan,” ujar Djayadi, Jumat (30/3).

Djayadi menuturkan, Prabowo perlu memiliki cawapres yang cocok dan mampu melengkapi kekurangannya guna mempertahankan dan merebut suara yang direbut Jokowi pada 2014 lalu.

“Maka dia harus ambil dari pemilih Jokowi enam persen lagi, harus dibantu calon wapresnya harus tidak dari asal sama, apalagi tantangan lebih berat partai yang dulu dukung Prabowo pada dukung Jokowi, sekarang tinggal PKS saja,” jelasnya.

Anies atau Cak Imin?

Cak Imin dan Anies Baswedan (Kompas.com)

Dia menilai nama Anies Baswedan yang saat ini menjabat sebagai Gubernur DKI jakarta merupakan kandidat yang cocok untuk mendampingi Prabowo. Melihat dari sisi latar belakang figus dan kesukuan, Anies bisa melengkapi. Hanya saja, kekeurangan Anies adalah pemilihnya yang cenderung berasal dari segmen yang sama dengan Prabowo.

Sementara untuk Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Djayadi menilai sosok Cak Imin akan lebih mampu meningkatkan elektabilitas Prabowo. Sebab menurutnya, jika didampingi Cak Imin, Prabowo dapat merangkul semua suara Islam NU.

“Kalau dari segi hitungan Anies tidak menambah suara NU. Sementara Islam non-NU banyak di Prabowo, jadi ambil Muhaimin lebih menguntungkan bagi Prabowo,” kata Djayadi.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada hitungan matang hasil survei untuk nama Prabowo-Cak Imin.  Hal ini berbanding terbalik dengan Prabowo-Anies yang kerap muncul dalam survei.

Berempat.com