Ilustrasi (shutterstock)
Berempat.com

Promosi sangat penting bagi kesuksesan sebuah usaha, seperti restoran, kafe, dan lain sebagainya. Dengan promosi, masyarakat menjadi tahu keberadaan usaha Anda. Bahkan, tidak jarang pengunjung datang hanya karena rasa penasaran dengan kafe dan hidangan di kafe tersebut.

Banyak orang yang tidak tanggung-tanggung mengeluarkan biaya besar untuk melakukan promosi akan usaha mereka. Namun, perlu Anda ketahui promosi tidak harus dilakukan dengan besar-besaran seperti yang dilakukan perusahaan-perusahaan besar.

Ada banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk mempromosikan kafe dengan low budget, tapi dampaknya sangat besar seperti yang dikutip dari Cermati.com berikut ini.

Memanfaatkan Media Sosial
Media sosial dapat sangat membantu Anda dalam mempromosikan usaha. Daripada curhat atau memberi kode-kode lewat media sosial, lebih baik Anda benar-benar lakukan promosi di media sosial.

Buatlah akun khusus usaha Anda dan kelolalah dengan baik. Buat masyarakat tahu menu apa saja yang direkomendasikan hari itu, diskon apa saja yang berlaku, atau bahkan sekadar menyapa mereka.

Ajak Teman Merasakan Produk atau Jasa dari Usaha Anda
Mengajak teman untuk sekadar berbincang di kafe dapat menjadi salah satu cara untuk menarik perhatian. Untuk kesan pertama, tidak ada salahnya untuk memberikan secangkir kopi gratis untuk sahabat Anda tersebut. Dia tentunya akan merasa senang. Terlebih lagi jika kopi tersebut enak rasanya.

Anda juga harus tahu bahwa kafe yang ramai memberikan kesan bahwa banyak orang yang menyukai menu di sana atau kafe Anda nyaman untuk disinggahi. Hal ini juga sangat menguntungkan jika kafe Anda terletak di lokasi yang ramai.

Berikan Stiker bagi Pengendara di Lampu Merah
Kesalahan yang masih sering terjadi hingga sekarang adalah memberikan brosur kepada para pengendara. Cara tersebut hanya akan menambah biaya pengeluaran Anda. Hal tersebut karena tidak semua pengendara membawa brosur yang dibagikan kepada mereka sampai ke rumah.

Sebagian besar brosur tersebut berakhir di tengah jalan. Karena itu, lebih baik Anda memberikan stiker yang berisi kata-kata bermakna yang bisa ditempel orang-orang di pintu kamarnya. Anda bisa menyertakan nama kafe Anda, media sosial, dan alamat kafe di stiker tersebut.

Desert Gratis bagi Mereka yang Mengunggah Foto Pesanannya di Media Sosial
Cara ini ampuh Anda gunakan sebagai ajang promosi usaha kafe Anda. Selain dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, kafe Anda juga secara tidak langsung diperkenalkan kepada teman-teman pelanggan tersebut. Cara ini sebenarnya sudah sangat umum dijumpai, tapi masih tetap berhasil memberi kepuasan kepada pelanggan.

Berikan Kenyamanan kepada Pelanggan
Kenyamanan yang diberikan kafe Anda juga dapat memengaruhi kepuasannya. Anda tidak harus menambah modal untuk memberikan kenyamanan karena cukup dengan senyuman dari Anda dan para staf Anda.

Dengan begitu, pelanggan tersebut bisa jadi merekomendasikan kafe Anda kepada teman-temannya atau bahkan mengajak teman-temannya untuk bersama-sama mengerjakan tugas mereka di sana.

Mental Sangat Dibutuhkan untuk Memimpin Usaha
Tak bisa dimungkiri bahwa mental Anda juga sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha. Bagaimana cara Anda berpikir dan memecahkan masalah sangat dibutuhkan karena bagaimana pun juga usaha tersebut sedang berada dalam kendali. Karena itu, jadilah seseorang yang cekatan yang tidak gampang menyerah dan pesimis saat melihat usaha kafe Anda sepi pelanggan.

Sumber: Suara.com

Berempat.com