Product Marketing Asus Indonesia Ester (tengah) bersama Head of Public Relation e-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman (kedua dari kiri) di acara Peluncuran Asus VivoBook A407 di Jakarta, Kamis (19/4). (Rian Alfianto/JawaPos.com)
Berempat.com

Asus resmi meluncurkan varian laptop terbarunya, VivoBook A407. Masuk dalam jajaran notebook mainstream, Asus VivoBook A407 dibekali fitur keamanan fingerprint. Hal tersebut membuat Asus VivoBook A407 dinobatkan sebagai notebook pertama yang dibekali fitur tersebut.

Product Marketing Asus Indonesia Ester mengatakan, pihaknya ingin mengenalkan teknologi fingerprint ke pasar yang lebih merakyat. “Umumnya fingerprint kan hadir pada perangkat notebook kelas high-end,” kata Ester saat peluncuran Asus VivoBook A407 di Jakarta, Kamis (19/4).

“Kali ini Asus ingin membawa fitur keamanan tersebut ke pasar notebook mainstream dengan harga tak terlalu mahal,” tambah Ester.

Asus VivoBook A407
Asus VivoBook A407. (RianAlfianto/JawaPos.com)
Senada, Head of Public Relation e-Marketing Asus Indonesia Muhammad Firman menjelaskan, kini fitur fingerprint sudah makin umum digunakan dalam perangkat gadget. “Pada smartphone itu sudah umum sekali kan. Dari yang flagship sampe entry level pakai itu. Untuk laptop kita juga ingin terapkan itu. Ke depan akan lebih banyak lagi tipe notebook yang menggunakan fingerprint,” kata Firman pada kesempatan yang sama.

Dia menyebut, saat ini fitur fingerprint baru digunakan untuk login dan keamanan yakni unlock Windows. Nantinya, fitur fingerprint akan bisa digunakan untuk keamanan per aplikasi agar tidak sembarang dibuka orang lain.

Fingerprint pada Asus VivoBook A407 terletak pada area touchpad yang menyatu dengan tombol klik kiri dan kanan. Fitur keamanan fingerprint ini juga didukung Windows Hello.

Asus VivoBook A407 hadir dengan paduan style dan fungsi yang ringkas. Sebab, notebook ini hanya memiliki ketebalan sebesar 21,9 mm. Layarnya seluas 14 inci dengan resolusi HD dan berat keseluruhan tidak lebih dari 1,5 Kg.

Fitur lainnya yang memudahkan pengguna adalah fitur quick charger. Fitur tersebut diklaim memungkinkan pengguna untuk melakukan isi ulang daya baterai dari nol hingga 60 persen hanya dalam waktu 49 menit saja.

Untuk diketahui, Asus VivoBook A407 yang meluncur ini hadir dengan dua versi. Yakni A407ua dan A407ub. Bedanya, untuk seri A407ua urusan grafisnya hanya akan dibekali oleh kartu grafis atau VGA on-board dari Intel. Sementara untuk yang A407ub grafisnya akan disertakan dengan kartu grafis dari Nvidia MX110.

Sisanya akan sama pada sektor spesifikasi lainnya. Yakni sama-sama dibekali dengan prosesor Intel Core i3 6006u, RAM 4 GB, dan hard disk sebesar 1 TB.

Bagaimana harganya? Untuk Asus VivoBook A407ua akan dilego dengan harga Rp 5,799 juta sementara untuk versi dengan kartu grafis Nvidia, akan dilepas dengan harga Rp 6,499 juta.

Tertarik membeli? Sabar, varian notebook dengan fingerprint ini baru akan dilempar ke pasar pada 22 hingga 29 April mendatang untuk varian A407ub di situs belanja online Lazada.

Sementara untuk varian A407ua akan tersedia secara eksklusif di JD.ID mulai 23 hingga 30 April mendatang. Tanggal-tanggal tersebut merupakan sesi penjualan perdana yang akan memberikan potongan harga sebesar Rp 200 ribu.

Sumber: Jawapos.com

Berempat.com