Ketua KPK, Agus Rahardjo. (BogorNet)
Berempat.com

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Agus Rahardjo berjanji akan membuka kasus korupsi Bank Century. Saat ini, pihaknya telah melakukan pendalaman dan telah menganalisis kasus yang merugikan negara Rp7,4 triliun itu.

Agus pun mengklaim, saat ini KPK telah mendapatkan hasil analisis, dan tinggal dibahas pimpinan KPK.

“Sudah ada di meja saya, tapi saya belum baca sebab untuk membahas ini juga diperlukan lengkapnya para pimpinan. Semoga pekan depan kami bisa lebih banyak berbicara. Saya janji pekan depan ketika pimpinan sudah lengkap,” kata Agus di Jakarta, Sabtu (21/04/2018).

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Saut mengatakan, sebanyak 10 nama menjadi fokus pendalaman. Menurut Saut, penyidik akan berdiskusi lebih dulu untuk setiap kasus yang ditangani.

Kasus Bank Century kembali mencuat setelah putusan sidang praperadilan PN Jakarta Selatan pada 10 April lalu memerintahkan KPK untuk memproses hukum selanjutnya dalam kasus tersebut.

KPK juga diperintahkan untuk menyidikan dan menetapkan tersangka terhadap Boediono, Muliaman D Hadad, Raden Pardede, dan kawan-kawan sebagaimana tertuang dalam dakwaan atas nama Budi Mulya.

Penanganan perkara Bank Century oleh KPK mendapat sorotan tajam karena hingga kini baru satu orang, yakni Budi Mulya, yang dihukum.

Pada Juli 2014, ia divonis 10 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 5 bulan kurungan. Di tingkat banding, hukuman itu diperberat menjadi 12 tahun penjara, dan diperberat lagi di kasasi menjadi 15 tahun penjara.

Sumber: Netralnews.com

Berempat.com