Petugas Haracare tengah bekerja membersihkan tempat tidur pelanggan. (Dok. Haracare)
Berempat.com

Berkabar.ID – Masyarakat perkotaan umumnya terlalu sibuk untuk memiliki waktu luang membersihkan rumah atau apartemen yang ditinggali. Apalagi, ada bagian-bagian dari perabotan rumah yang sukar untuk dibersihkan seorang diri, bahkan sekalipun oleh asisten rumah tangga. Sebut saja karpet, sofa, matras, dan banyak lagi. Karena itu, peluang pasar jasa bersih-bersih rumah di perkotaan tentu sangat menjanjikan.

PT Haracare Indonesia menjadi salah satu perusahaan jasa home care cleaning yang menikmati besarnya pangsa pasar tersebut. Berdiri sejak 2008, Haracare sudah membuktikan bahwa peluang bisnis jasa bersih-bersih rumah amat menjanjikan. Apalagi, pemain bisnis di sektor ini terbilang belum banyak.

“Haracare memiliki metode yang sudah teruji selama hampir 10 tahun. Juga didukung teknologi terkini yang membuat hasil pekerjaan lebih maksimal. Staff teknis yang benar-benar memahami masalah yang dihadapi konsumen juga menjadi salah satu kelebihan kami dalam hal pelayanan,” ujar Direktur PT Haracare Indonesia Putu Sudarsana melalui pesan tertulisnya, Senin (30/7).

Saat ini, Haracare sudah memiliki tiga cabang, yakni di Denpasar yang merupakan kantor pusat, kemudian Makassar dan Mataram. Pria kelahiran Agustus 1981 ini pun mengungkapkan bahwa pangsa pasar bisnis ini amat menjanjikan dan terus berkembang. Terutama di kota-kota besar.

Bahkan, pria yang akrab disapa Hara ini pun mengungkapkan bahwa pangsa pasarnya tak hanya terbatas pada konsumen untuk kebutuhan rumah, tapi juga hotel, villa, pertokoan hingga perkantoran.

“Mengingat solusi atas kebutuhan yang kami tawarkan, segmentasi pasar yang kami sasar sangat luas. Masyarakat umum (Perumahan), Hotel, Villa bahkan Perkantoran dan pertokoan,” ungkap Hara yang sudah menerima penghargaan sebagai The Best Company of The Year 2015 by Winner dan Top Business Oppurtunity 2018 ini.

Karena itu, melihat besarnya pangsa pasar yang belum terjangkau, Hara pun memutuskan untuk membuka franchise pertamanya di tahun ini. Setidaknya, dari 3 cabang yang dimiliki, dua di antaranya adalah milik mitra, yakni di Mataram dan Makassar.

Saat ini Haracare menawarkan paket investasi sebesar Rp 87.400.000. Dengan investasi tersebut, mitra akan mendapatkan 1 unit HEPA Filtration Vacuum (khusus matras), 1 Unit Steam and Spray Vacuum, GPS Tracker, Hack penggunaan merek selama 1 tahun, sistem aplikasi selama 1 tahun, dan bantuan promosi selama 1 tahun.

Selain itu, dengan investasi tersebut Hara memperkirakan untuk break event point (BEP)  akan tercapai pada 6-7 bulan dengan omzet yang didapat sekitar Rp 30 juta per bulan.

Ia pun memastikan bahwa mitra tak perlu membayar kewajiban apa pun di 3 bulan pertamanya. Artinya, tak ada franchise fee maupun royalty fee  pada periode tersebut. Namun, mitra akan diberikan kewajiban saat memasuki bulan ke-4.

“Di bulan ke-4, mitra diwajibkan untuk membayar Rp. 2.000.000 atau 8% dari total pendapatan jika pendapatan di atas pendapatan minimum,” terang Hara yang tak menyebut pendapatan minimum yang dimaksudkan.

Hara sendiri menilai bahwa potensi pasar jasa bersih-bersih rumah ini sangat besar dan akan terus berkembang. Apalagi untuk pangsa pasar di kota-kota yang masih berlum banyak terdapat jasa sejenis. Karena itu, di tahun ini Hara ingin memperluas target pasar, selain dari segi lokasi juga dari segmen konsumen yang merambah kelas menengah.

Sumber: Berempat.com

Berempat.com