Berempat.com

Anjloknya harga kelapa sawit dikeluhkan petani dari anggota Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) yang bertemu Presiden Joko Widodo. Jokowi menyarankan kepada para petani agar memanfaatkan lahannya ditanam dengan komoditas yang memiliki potensi besar, salah satunya durian.

Jokowi menjelaskan, jika para petani kelapa sawit lebih memanfaatkan produknya sebagai bahan baku produk turunannya, seperti sabun, kosmetik, dan lain sebagainya maka pihak perbankan pun bisa mudah mengaksesnya.

“Kalau tanamannya sudah 14 juta hektar produksi 45 juta ton. Setahun. Masalahnya di mana? Kalau dinaikkan dalam truk kecil 4 ton maka ada 11 juta truk,” ujar dia.

Jokowi juga menceritakan bahwa kondisi pasar kelapa sawit di Indonesia ini masih dihadapkan oleh sejumlah persoalan, salah satunya penolakan dari Eropa. Oleh karenanya, Mantan Wali Kota Solo ini menyarankan para petani memanfaatkan lahannya untuk komoditas lain seperti durian.

“Apakah nggak ada komoditas lain yang masih memiliki pasar ke depan. Bisa ke durian. China minta Malaysia saja kurang-kurang. Durian kita ini ada semua,” ungkap Jokowi.

Berempat.com