Lukis dinding (dok .imural.id)
Berempat.com

 

Saat ini para pecinta seni atau pembuat karya seni memang sangat banyak, namun para seniman tersebut masih banyak yang belum bisa mengaplikasikan keahliannya pada sebuah usaha.

Yang terpenting dalam memulai usaha ini ialah mampu memberikan karya seni yang sesuai dengan keinginan konsumen terutama pada desain lukisan yang akan diaplikasikan pada media tembok. Misalnya untuk seni lukis pada sebuah tembok sekolah, kebanyakan konsumen ingin desain atau gambar yang berhubungan dengan anak-anak seperti pemandangan, binatang, tumbuhan dan lain sebagainya.

Modal yang dibutuhkan dalam usaha ini tidaklah besar, karena usaha ini merupakan usaha yang menjual jasa yaitu keahlian dalam melukis. Paling tidak modal yang dibutuhkan sebesar Rp 1 juta, yang digunakan untuk membeli peralatan lukis dan juga cat tembok berbagai warna.

Lebih dari Wallpaper

Walaupun banyak orang yang menganggap jasa lukis dinding saat ini kalah bersaing dengan usaha wallpaper, hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Terutama dalam hal hasil lukis yang ditampilkan. Untuk wallpaper biasanya terlihat monoton sedangkan untuk jasa lukis dinding ini hasilnya jauh lebih baik terutama nilai seni yang terkandung di dalamnya.

Pada jasa lukis dinding ini media lukis bukan hanya pada dinding atau tembok melainkan juga pada langit-langit bangunan. Seperti misalnya gambar awan pada langit bangunan yang saat ini banyak dipesan konsumen.

Bicara soal harga, biasanya penentuan harga dihitung berdasarkan ukuran lukisan yang dibuat seperti misalnya per dua meter. Untuk harganya sendiri bervariasi mulai dari Rp 250 ribu sampai Rp 700 ribu. Harga tersebut biasanya ditentukan dari oleh tingkat kesulitan pengerjaannya. Untuk lama proses pengerjaan biasanya memakan waktu antara 2 hari dan lebih tergantung luas media lukis.

Proses Pengerjaan dan pemasaran

Untuk proses pengerjaan lukis dinding sebenarnya tidaklah sulit, yang terpenting adalah keahlian dalam membuat gambar atau lukisan. Sedangkan untuk bahan yang perlu dipersiapkan adalah cat warna atau cat tembok, kuas, wadah, peralatan lukis dan lain sebagainya.

Setelah itu dilanjutkan pada proses pembuatan sketsa gambar sesuai dengan gambar yang akan dibuat. Lalu proses selanjutnya ialah pada proses pewarnaan atau pengecatan dengan cat yang sudah disediakan sesuai dengan sketsa yang telah dibuat. Bila proses pewarnaan selesai, proses selanjutnya dilanjutkan pada proses finishing dan bila telah sesuai dengan keinginan maka lukisan dianggap selesai.

Untuk mempromosikan usaha jasa lukis tembok ini terdapat berbagai cara seperti dengan cara bisa menawarkannya ke teman-teman atau orang-orang terdekat, sehingga terjadi pemasaran dari mulut ke mulut. Selain itu kita juga dapat memasarkannya melalui jejaring sosial seperti facebook dan twitter. Pada media online tersebut, sebaiknya ditampilkan hasil karya yang pernah dibuat sehingga konsumen bisa menilai kualitas hasil lukisan kita.

Kendala

Untuk kendala yang sering dirasakan dalam menjalankan usaha jasa lukis tembok ini biasanya terletak pada masalah waktu. Karena dalam proses pengerjaan lukis tembok ini masalah waktu ini terkadang tidak bisa ditentukan karena terkadang lebih cepat dari yang diperkirakan dan terkadang meleset dari yang sudah ditentukan. Karena untuk proses pengerjaan lukisan ini terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan seperti dari segi tingkat kesulitan gambar dan juga area atau tempat.

Oleh: Indra Ayustira

Pemilik Esthara Wall Painting

Email: [email protected]

Twitter: @ayustira

Berempat.com