Berempat.com

Presiden Joko Widodo mengatakan jadwalnya hari ini, Kamis (8/11) sangat padat dari pagi hingga malam. Namun mengapa Jokowi mau menemui CEO ExxonMobil Temui Jokowi di luar agenda resmi orang nomor satu di Indonesia, ada apa?

CEO ExxonMobil Darren Woods yang mendampingi Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menemui Jokowi sekitar pukul 06.00 WIB.

Pertemuan pada pukul 09.00 WIB dan berlangsung hanya selama 30 menit atau sebelum Presiden Jokowi menerima Menpora Imam Nahrawi dan Arlet Angkat Besi Eko Yuli Irawan.

Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar mengatakan pertemuan tersebut membahas investasi baru yang akan dilakukan ExxonMobil.

“Tentang perkembangan investasi dia di Indonesia,” kata Arcandra di Komplek Istana, Jakarta Pusat, Kamis (8/11).

Dari upaya pemerintah yang menyederhanakan berbagai macam perizinan sektor energi, membuat ExxonMobil ingin melebarkan investasinya ke sektor hilir.

“Mereka akan ke downstream juga tadi mereka mengatakan ya proses sedang proses di kementerian,” jelas dia.

Arcandra menyebut, pihak ExxonMobil akan melakukan investasi baru di sektor hilirisasi lubricant atau pelumas. Sayangnya, dia belum menyebut angka investasinya seberapa besar.

“Di lubricant mereka akan masuk di lubricant juga. Mereka sedang proses izinnya,” ujarnya.

Selain itu, kata Arcandra, pada pertemuan dengan Presiden Jokowi juga dibahas mengenai peningkatan produksi minyak pada kilang yang dikelolanya.

“Production mereka kan sekarang jauh lebih tinggi dari yang diharapkan. Yang diharapkan 180 ribu, mereka itu sekarang 207 ribu barrel per day. Kemudian juga ada potensi-potensi yang insya Allah akan mereka report-kan bulan November ini,” kata Arcandra.

“Ada potensi penambahan cadangan yang mungkin ini jadi good news buat kita juga. Itu juga tadi kita bicarakan,” sambungnya.

Berempat.com