Berempat.com

Berkabar.id – Kementerian Pertahanan Rusia memposting bukti mengenai bantuan Amerika Serikat terhadap kelompok militan ISIS dengan merilis sejumlah gambar pekan ini.

Kementerian tersebut mengklaim bahwa gambar tersebut menunjukkan sebuah konvoi ISIS yang meninggalkan sebuah kota di Suriah minggu lalu dibantu oleh pasukan AS.

Namun, salah satu gambar justru menunjukkan cuplikan dari video game simulator AC-130 Gunship Simulator: Special Ops Squadron. Kementerian tersebut mengatakan seorang karyawan secara keliru telah melampirkan foto tersebut.

Beberapa jam kemudian, kementerian tersebut menerbitkan sebuah pernyataan yang diperbarui dengan serangkaian gambar yang berbeda, yang juga dikatakan membuktikan klaim mereka.

Rusia mengklaim bahwa gambar yang mereka miliki merupakan bukti tak terbantahkan bahwa Amerika Serikat memnabtu ISIS untuk memulihkan kemampuan tempur mereka, memindahkan, dan menggunakannya untuk mempromosikan kepentingan Amerika di Timur Tengah.

Rusia menuduh Amerika Serikat bekerja sama dengan ISIS dengan cara menyediakan perlindungan. Pernyataan tersebut juga menuduh koalisi pimpinan Amerika Serikat melakukan operasi udara di wilayah tersebut untuk mengganggu kemungkinan serangan yang dilancarkan Rusia. Pasukan ISIS pun, masih klaim laporan yang sama, kerap menyamar sebagai pejuang SDF yang didukung Amerika Serikat.

“AS benar-benar meliput unit tempur ISIS untuk memulihkan kemampuan tempur mereka, memindahkan, dan menggunakannya untuk mempromosikan kepentingan Amerika di Timur Tengah,” pernyataan tersebut menyimpulkan, seperti dimuat BBC.

Namun Amerika Serikat membantah tuduhan tersebut.

Berempat.com