Bandara London Ditutup Sementara Karena Ada Temuan Bom Sisa Perang Dunia II (TheSun)
Bandara London Ditutup Sementara karena Ada Temuan Bom Sisa Perang Dunia II (The Sun)

Berkabar.ID – London City Airport, Inggris, terpaksa ditutup pada Minggu (11/2) waktu setempat setelah adanya temuan sebuah bom sisa Perang Dunia ke-II. Kabarnya, penutupan London City Airport sebagai langkah pencegahan dari hal yang tidak diinginkan. Bandara baru akan dibuka kembali pada hari Selasa (13/2) waktu setempat.

Sebuah bom yang diduga dari sisa Perang Dunia ke-II ini ditemukan di sungai Thames dekat landasan pacu Bandara London City. Namun, seperti yang diwartakan oleh  dari The Guardian, Senin (12/2), bom tersebut sudah tidak dalam keadaan aktif atau berpotensi meledak.

Bom sisa perang itu ditemukan di Dermaga King George V, dekat dengan landasan bandara yang ada di pusat kota London itu. Temuan terjadi saat pengerjaan konstruksi di lokasi pada Minggu waktu setempat.

Untuk informasi lebih lanjut, seluruh penumpang yang akan berpergian dari Kota London pada Senin (12/2) disarankan untuk menghubungi pihak maskapai terlebih dahulu.

Dalam sebuah pernyataan yang diperbarui pada hari Senin, seorang juru bicara bandara mengatakan, persenjataan Perang Dunia II yang ditemukan di King George V Dock telah dibuang dengan aman oleh Royal Navy dan Keplisian Metropol London. Sebab itu, zona larangan pun kini telah dihilangkan dan bandara akan dibuka seperti biasa pada hari Selasa.

Berempat.com

Kepolisian Metropol London pun menyatakan, temuan bom sisa perang itu dilaporkan pada Minggu (11/2) dini hari waktu setempat. Penutupan bandara dan pemberlakuan zona larangan diputuskan untuk memastikan keselamatan publik.

“Memastikan bahwa objek itu ditangani dengan aman sambil membatasi risiko pada publik,” sebut kepolisian setempat.

Ditangani oleh personel kepolisian khusus, bersama dengan personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris (TheSun)
Ditangani oleh personel kepolisian khusus, bersama dengan personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris (TheSun)

Bom sisa Perang Dunia ke-II yang belum meledak ini ditangani oleh personel kepolisian khusus, bersama dengan personel Angkatan Laut Kerajaan Inggris. Diketahui bahwa ribuan bom dijatuhkan di wilayah London tersebut oleh Angkatan Udara Jerman antara September 1940 hingga Mei 1941 silam.

Lokasi Bandara Kota London

Bandara Kota London Airport (TheSun)
Bandara Kota London Airport (TheSun)

Bandara ini yang merupakan Bandara terbesar ke-5 di London yang berlokasi di Timur London, tepatnya berada di kawasan bisnis Canary Wharf. Bandara yang kebanyakan mengoprasikan penerbangan jarak dekat itu telah ditutup sementara sepanjang Senin (12/02) waktu setempat.

“Bandara tetap ditutup pagi ini. Seluruh penerbangan dari dan ke London City Airport pada Senin (12/2) dibatalkan,” ucap CEO London City Airport, Robert Sinclair. Tidak diketahui berapa banyak penerbangan yang dibatalkan sepanjang Senin (12/2) ini.