71 Orang Tewas Dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Rusia (ToliVelegu)
71 Orang Tewas Dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Rusia (ToliVelegu)

Berkabar.ID – Tim investigasi terus menyelidiki penyebab jatuhnya pesawat Saratov Airlines di Rusia yang mengakibatkan semua penumpang dan kru pesawat tewas.

Pesawat tipe Antonov An-148 sebelumnya mengalami insiden jatuh di distrik Ramensky, tidak jauh dari Moskow pada Minggu (11/2) tidak lama setelah lepas landas dari bandara Domodedovo. Pesawat tersebut diketahui jatuh ke medan bersalju dan menewaskan 71 orang yang berada di dalamnya.

“Pesawat Antonov An-148 membawa 65 penumpang dan enam awak kapal berada di dalam pesawat, dan semuanya dilaporkan tewas,” kata media lokal Rusia sebagaimana dikutip oleh CNN, Senin (12/2).

Bagian investigasi dinas transportasi setempat mengatakan pesawat tersebut menghilang dari layar radar sekitar empat menit setelah lepas landas. Pesawat tersebut terbang menuju Kota Orsk di Rusia, dekat perbatasan dengan Kazakhstan setelah lepas landas dari Airport Rusia.

Penyebab hilangnya pesawat dari radar pun baru diketahui setelah adanya laporan pesawat tersebut jatuh di wilayah Distrik Ramenskoye, wilayah Moskow.

Ratusan Orang dan Puluhan Kendaraan Diluncurkan ke Lokasi

71 Orang Tewas Dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Rusia (CNN)
71 Orang Tewas Dalam Insiden Jatuhnya Pesawat Rusia (CNN)
Berempat.com

Lebih dari 400 orang dan 70 kendaraan dikerahkan ke lokasi. Kondisi salju yang tebal menjadi penyebab sulitnya para petugas menuju lokasi. Bahkan petugas terpaksa harus berjalan kaki agar bisa menjangkau puing pesawat.

Penyebab kecelakaan masih belum pasti. Hal itu diungkap oleh Komite Investigasi Rusia yang mengatakan bahwa para pejabat telah melakukan penyelidikan kriminal karena semua penyebabnya sedang dieksplorasi.

Komite Investigasi Rusia pun mengatakan ingin mempertimbangkan berbagai kemungkinan penyebab jatuhnya pesawat tersebut. Tidak bisa dipastikan apakah kecelakaan akibat kesalahan manusia, kegagalan teknis, atau karena kondisi cuaca.

Untuk kondisi cuaca, diketahui negara tersebut sedang mengalami hujan salju yang cukup parah dalam beberapa pekan terakhir. Tapi, tidak disebutkan kemungkinan terorisme. Pasalnya, seorang pejabat daerah mengatakan kotak hitam pesawat telah diambil.

Menurut laporan reporter CNN, salju sangat padat di wilayah Moskow yang mengalami hujan salju terberat dalam beberapa dekade. Reporter tersebut pun mengatakan belum jelas apakah cuaca merupakan faktor dalam kecelakaan ini.

“Presiden Rusia Vladimir Putin pun mengungkapkan belasungkawa mendalam kepada semua orang yang kehilangan saudara dan teman dalam bencana ini,” kata juru bicara Presiden, Dmitry Peskov.