Sony Xperia Z2. (GSMArena)

Berkabar.ID – Salah satu ajang pameran smartphone terbesar di dunia, Mobile World Congress (MWC) 2018 bakal berlangsung di Barcelona besok, 26 Februari 2018. Sony menjadi salah satu vendor yang paling dinanti untuk memajang produk terbarunya di ajang tersebut. Setidaknya, sampai saat ini ada 3 produk yang rumornya kencang berembus bakal dipajang di MWC 2018.

Tiga produk yang dimaksud adalah Sony Xperia XZ2, Xperia XZ2 Compact dan Xperia XA2 Ultra. Mengutip dari GSM Arena, Jumat (23/2), akun Facebook Sony Mobile untuk Afrika Selatan mengundang orang untuk menonton peresmian “tiga model Xperia baru yang menakjubkan”.

Gambar yang melekat pada postingan itu menampilkan Xperia XA2 Ultra saat ini. Duo XA2 baru memang diketahui belum tersedia di negara Afrika Selatan. Dan meskipun pada postingan tersebut membahas tentang livestream dari Barcelona, ada kemungkinan hal tersebut merujuk pada peluncuran global.

Spesifikasi Xperia XZ2 Pro

Sony Xperia Z2 Pro. (tipsrush.blogspot.co.id)

Sebelumnya, sebuah uji benchmark HTML mengungkapkan beberapa spesifikasi utama Xperia XZ2 Pro yang akan diusung. Handset ini bakal berjalan di Android 8.1 Oreo dan memiliki resolusi layar 848 x 424. Karena ini adalah rasio 2:1, cukup jelas bahwa Xperia XZ2 Pro akan mendukung rasio aspek 18:9.

Pada tampilan itu juga menunjukkan bahwa raksasa teknologi Jepang tersebut akhirnya akan membuang desain OmniBalance yang telah digunakannya sejak 2013 untuk smartphone demi dapat mengusung desain layar penuh yang baru.

UAProfile mengungkap bahwa ponsel itu mendukung resolusi 3840 x 2160 piksel. Diperkirakan smartphone ini bisa menjadi smartphone pertama di dunia yang menampilkan layar OLED 4K. Chipset Snapdragon 845 juga bisa hadir pada Xperia XZ2 Pro.

Sementara itu ada spesifikasi lain yang dikabarkan hadir, yakni pengaturan kamera ganda 18 megapiksel + 12 megapiksel, kamera swafoto 13 megapiksel, opsi penyimpanan 64GB dan 128GB, slot kartu microSD, dukungan satu SIM dan dua SIM, sertifikat IP68, dan baterai 3.420mAh.

Setelah diluncurkan pada MWC 2018, Sony Xperia XZ2 Pro mungkin akan tiba di pasaran pada bulan Juni dengan harga sekitar 6.000 Yuan (Rp 12,9 juta). Xperia XZ2 mungkin memiliki desain yang sama dan mungkin juga menampilkan Snapdragon 845, namun spesifikasi lainnya mungkin tidak setinggi Xperia XZ2 Pro. Diperkirakan juga Xperia XZ2 Compact akan diluncurkan bersamaan dengan XZ2 dan XZ2 Pro.