Berempat.com

Saat ini kebanyakan motor sudah berteknologi injeksi, apakah masih perlu melakukan pemanasan mesin tiap pagi?. Sepeda motor yang didiamkan saat malam hari tentu akan membuat kondisi mesin menjadi dingin. Oleh karena itu, ketika pagi, mesin motor harus dipanaskan sebelum memulai aktivitas. Dan apakah hal ini uga berlaku untuk motor matik ?

Andi, mekanik senior Teknisi Motor yang terletak di salah satu Bengkel Honda Jakarta Timur, mengatakan bahwa motor injeksi juga harus dipanaskan layaknya motor karburator atau non matik.

Menurutnya, hal ini disebabkan karena pada dasarnya cara kerja yang tetap sama, yaitu mesin yang harus tetap dilumuri oli agar lebih awet. Sementara agar semua bagian mesin itu terlumuri oli, tak ada cara lain selain memanaskan motor injeksi ini.

Ia menambahkan, menyalakan mesin motor di pagi hari sebaiknya dilakukan dengan kick starter, bukan electric starter. Tujuannya agar oli lebih mudah menyebar ke semua bagian mesin.

Lalu, fungsi lainnya mengisi ulang daya aki. Menurut dia pelumasan belum sempurna ke semua komponen mesin, apalagi bagian kepala silinder seperti camshaft, klep, bakal cepat rusak. Pun juga agar motor injeksi tidak hanya didiamkan saat dipanaskan, tetapi juga digas. Tujuannya agar oli terdistribusi lebih maksimal.(CPA)

Berempat.com