Berempat.com

Semenjak pertama kali berdiri di tahun 1946, nama Vespa selalu identik dengan skuter dengan desain yang unik dan sekaligus ikonik, sehingga mudah untuk diingat.

Selama 71 tahun mewarnai indutri otomotif, produk-produk Vespa tidak sulit untuk dikenali, meski ada beberapa macam produk, desainnya secara garis besar masih sama.

Namun, bukan berarti Vespa tidak pernah mencoba sesuatu yang berbeda. Tidak main-main, Vespa memang tidak pernah membuat motor jenis lain, yang ada Vespa malah membuat kendaraan yang cukup berbeda, yaitu mobil.

Pada tahun 1957, pabrikan skuter asal Italia tersebut mempersembahkan sebuah mobil berukuran mungil bernama Vespa 400 di Monaco, untuk menghadapi Fiat 500 yang populer di era tersebut.

 

 

Vespa 400 sendiri tidak diproduksi di Italia, melainkan lahir di Fourchambault, Prancis, dengan menggendong mesin 2-tak berkapasitas 194 cc bertransmisi manual 3 kecepatan.

Di tahun pertamanya produksi, 12.130 unit Vespa 400 menuju ke rumah konsumen, merupakan kesuksesan. Namun, setelah itu kepopuleran Vespa 400 justru merosot, hingga akhirnya berhenti produksi di tahun 1961.

Total, 28 ribu unit yang telah diproduksi, sebelum harus mengakui kekalahan pada mobil lain seperti VW Beetle dan Mini Cooper, yang jauh lebih unggul ketimbang Vespa 400.

Hasilnya, Vespa kapok dan tidak lagi berusaha untuk membuat mobil, dan terus memproduksi skuter andalannya yang imut hingga hari ini.

Berempat.com