Berkabar.ID – Libur Natal dan tahun baru biasanya sering dimanfaatkan untuk mudik atau berwisata ke beberapa daerah. Umumnya mereka yang pergi mudik atau berwisata menggunakan kendaraan pribadi. Namun ada juga yang memilih menggunakan kendaraan umum dengan berbagai alasan.

Bagi Anda yang memilih mudik atau berwisata menggunakan kendaraan umum, tentu perlu memikirkan kendaraan pribadi di rumah. Jangan sampai setelah berlibur, bukannya menjadi rileks tapi malah sebaliknya. Sebab kendaraan pribadi justru memiliki masalah dan tidak nyaman lagi saat digunakan.

Kondisi kendaraan pribadi biasanya akan sedikit tak nyaman apabila ditinggal dalam waktu yang cukup lama. Sebab tak pernah dinyalakan atau dipanaskan dalam beberapa hari.

Nah, untuk Berkabar Readers, inilah rangkuman tips yang perlu dilakukan sebelum meninggalkan kendaraan pribadi di rumah.

  1. Isi Bensin

Sebaiknya isi bensin hingga penuh, hal ini bertujuan untuk meminimalisir terjadinya kondensasi akibat adanya ruang udara di dalam tangki bensin. Kondensasi bisa menyebabkan timbulnya bulir air, yang berpotensi mengontaminasi ruang bakar ataupun menimbulkan oksidasi pada tangki bahan bakar yang berbahan metal.

2. Pengharum Ruangan

Letakkan pengharum ruangan di dalam mobil untuk mencegah bau apek selama mobil ditinggal.

3. Lepas Aki

Jangan lupa untuk melepas kabel atau kepala aki. Hal ini perlu dilakukan untuk mengurangi risiko aki rusak atau kehilangan daya.

4. Tekanan Angin

Ketika meninggalkan kendaraan dalam waktu sekitar 1-2 minggu, sebaiknya tekanan angin sedikit dinaikan. Jadi, ketika mengalami penyusutan, tekanan ban akan kembali ke angka yang direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan tersebut.

5. Rem Tangan

Saat meninggalkan kendaraan di rumah dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya membiarkan mobil jangan di rem tangan. Karena lama-kelamaan justru dapat merusak piringan cakram, karena dapat menimbulkan kelengketan antara minyak dengan piringan rem.

Dari pada merusak piringan cakram, sebaiknya kendaran diganjal menggunakan balok atau batu.

6. Cuci Mobil

Cucilah mobil sebelum meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama. Hal ini bertujuan untuk meminimalisir timbulnya jamur di mobil. Lalu jangan lupa membersihkan bagian interior agar mobil tidak menjadi sarang serangga.

7. Gunakan Sarung Mobil

Penggunaan sarung mobil bertujuan untuk melindungi mobil dari debu, menjaga suhu udara, bahkan melindung dari goresan dari hal-hal yang sering tak terduga.

Namun sebelum menggunakan sarung mobil, pilihlan bahan sarung sesuai lokasi parkirnya mobil. Jika parkir di indoor, sebaiknya gunakan sarung mobil yang terbuat dari bahan kain yang memiliki pori-pori, agar sirkulasi tetap terjaga dan tidak lembab. Jika parkir di ruang terbuka, sebaiknya gunakan sarung mobil yang berbahan parasut anti air, agar ketika hujan, airnya tidak membasahi bodi. Sebab jika air dapat menembus bagian bodi atau kaca dapat berpotensi menimbulkan jamur.

Nah, itulah beberapa tips dalam menjaga kendaraan Anda sebelum ditinggalkan berlibur. Jadi, pastikan Anda meninggalkan kendaraan dalam kondisi baik, agar sekembalinya dari belibur kendaraan pun bisa langsung digunakan beraktivitas sehari-hari.

Selamat berlibur!

Editor: R. Shandy