Ilustrasi lampu lalu lintas berbelok kiri tidak boleh langsung. (ThinkStock)

Berkabar.ID – Mungkin dulu ketika berkendara kita dibolehkan untuk belok kiri langsung saat di pertigaan atau perempatan jalan. Tapi, untuk saat ini lebih baik jangan dilakukan karena aturan tersebut sudah tidak berlaku lagi. Bisa-bisa justru polisi akan menilang Anda.

Peraturan belok kiri langsung atau boleh jalan terus memang pernah dibuat dalam peraturan pemerintah Nomor 43 Tahun 1993, Pasal 59 ayat 3 yang berbunyi:

Pengemudi dapat langsung belok ke kiri pada setiap persimpangan jalan, kecuali ditentukan lain oleh rambu-rambu atau alat pemberi isyarat lalu lintas pengatur belok kiri.

Namun, peraturan tersebut runtuh pada 2009 lalu setelah pemerintah mengeluarkan Undang-Undang RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan sesuai pasal 112 ayat 3 yang berbunyi:

Pada persimpangan jalan yang dilengkapi Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas, Pengemudi Kendaraan dilarang langsung berbelok kiri, kecuali ditentukan lain oleh Rambu Lalu Lintas atau Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas.

Dengan begitu, artinya setiap pengendara yang bertemu persimpangan dan hendak berbelok kiri harus mengikuti lampu lalu lintas. Bila lampu lalu lintas merah, maka pengendara wajib berhenti sekalipun mau berbelok ke kiri. Kecuali bila pada persimpangan terdapat rambu atau isyarat lalu lintas berupa papan bertuliskan belok kiri boleh langsung atau lampu lalu lintas yang menunjukkan arah kiri berwarna hijau, maka pengendara boleh berbelok kiri langsung.

Imbauan di Media Sosial

Aturan belok kiri tidak boleh langsung sebenarnya sudah berlaku sejak UU RI Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan telah dibuat. Artinya sejak 2009 silam pengendara harusnya mengikuti aturan tersebut.

Imbauan akan aturan tersebut pun pernah diingatkan lagi oleh akun Instagram @polantasindonesia pada Januari 2018.

Selain itu akun Twitter @divisihumaspolri pun pernah mengingatkan hal serupa pada Januari 2018. “INGAT. Sekarang Belok Kiri Langsung Tidak Berlaku. Bagi pengendara motor atau mobil mulai sekarang tidak boleh langsung belok kiri ketika melewati persimpangan, lihat terlebih dahulu ada rambu atau himbauan untuk langsung atau berhenti menunggu lampu hijau menyala,” tulis akun @divisihumaspolri.

Di beberapa ruas persimpangan yang tak terlalu lebar biasanya memang tak ada lagi rambu atau isyarat lalu lintas bila belok kiri boleh langsung. Sementara untuk beberapa persimpangan yang cukup lebar atau ada jalur khusus untuk berbelok kiri, pengendara diperbolehkan untuk berbelok kiri langsung.

Karena itu, perhatikan lebih dulu rambu lalu lintas yang ada di persimpangan bila ingin berbelok kiri. Lebih baik berhenti sekalipun pengendara belakang terus membunyikan klakson dan memaksa untuk maju, daripada nanti justru ditilang oleh petugas. Selain itu, mengikuti aturan lalu lintas tentu membuat kita lebih aman dan terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Karena aturan pun dibuat untuk menjauhkan pengendara dari potensi kecelakaan.