Gerbang Tol (Foto Kompas.com)
Berempat.com

Setelah beberapa kali tertunda rencana penyeragaman tarif tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) dimulai 29 September 2018. Para pengguna JORR baik jarak dekat maupun jauh dikenakan biaya yang sama yakni Rp 15 ribu untuk kendaraan golongan I.

Hal ini secara resmi disampaikan PT Jasa Marga Tbk. Perseroan memberikan pengumuman melalui akun instagram resminya @official.jasamarga. Sempat diundur, Jasa Marga akhirnya merilis integrasi tarif tol JORR.

Mulia 29 Sepotember pukul 00,00 WIB, tarif jalan tol yang diintegrasikan sistem pembayarannya adalah jalan tol JORR seksi W1, W2U, W2S, S, E1, E2, E3, ATP (SS Penjaringan sampai Kebon Bawang) dan Jalan Tol Pondok Aren-Bintaro Viaduct-Ulujami.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPTJ) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Herry Trisaputra Zuna menjelaskan, bagi pengguna tol JORR yang kurang dari rata-rata jarak 17,6 km tentu merasa dirugikan, karena hitungan tarifnya naik dari Rp 9.500 menjadi Rp 15.000. Namun jika kalau lebih dari 17,6 km dia pasti akan lebih untung.

Herry menambahkan bahwa kebijakan itu diambil untuk meningkatkan kenyamanan para pengguna tol JORR. Meskipun dalam penerapannya harus ada yang merasa dirugikan. Kebijakan tarif integrasi tol JORR ini bukan berarti memberikan keuntungan lebih bagi pengelola, sebab pengelola akan menerima pembayaran yang lebih sedikit untuk pengguna jarak jauh.

Sementara itu, enteri Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan tujuan integrasi tarif untuk menurunkan biaya logistik. Tarif kendaraan untuk golongan I menjadi Rp 15 ribu, golongan II sebesar Rp 22.500, golonhan III Rp 22.500, golongan IV Rp 30 ribu, golongan V Rp 30 ribu.

Penerapan integrasi tol dihitung dari tarif rata-rata ruas tol tersebut dikalikan dengan penggunaan rata-rata jalan tol tersebut. Untuk pengguna tol JORR jarak jauh akan diuntungkan dari perubahan tarif dibandingkan dengan pengguna tol jarak dekat.

Selain itu, Bintaro Viaduct – Pondok Aren diterapkan tarif yang berbeda. Untuk golongan I ditetapkan sebesar Rp 3 ribu, golongan II dan III sebesar Rp 4.500 sedangkan golongan IV dan V sebesar Rp 6.000.

Berempat.com